Saturday 8 February 2014

TENTANG FACEBOOK, MATEMATIKA DAN BOYBAND KOREA



Judul di atas sepertinya cukup mewakili semuanya. Facebook, Matematika, dan Boyband Korea. Agak banci memang, tapi emang bener sih *apasih

Dari Facebook awal pertama gue mengenalnya, dari Facebook pula gue mulai merasa ada yang berbeda darinya.

Rasa penasaran ngebawa gue untuk mencari tau asal usul anak kelas satu yang sering mundar mandir di depan kelas gue. Awalnya emang biasa aja, namun lama kelamaan menjadi luar biasa.. terima kasih klinik tongfang.

Hari itu menjadi hari yang bersejarah buat gue. Merasakan indahnya rasa penasaran dan kelamaan menjadi rindu yang mudah – mudahan tidak terlarang. Gue kagum setengah mati sama sikapnya, sampe – sampe pengen mati gara – gara nyebrang gak liat kanan-kiri. Tapi serius, cinta yang tumbuh karena sering bertemu kini mulai gue rasakan.

Gue pulang ke rumah, seperti biasa pikiran gue gak berhenti memikirkan apa yang harus gue lakuin selanjutnya untuk berkenalan dengan dia. Dari mulai menyapa dia saat mau ke kamar mandi, tapi takutnya dia udah kebelet dan pipis di celana saat gue ajak kenalan. Sampe nyewa penjahat bayaran buat nyopet dompetnya dan gue dateng sebagai pahlawan kepagian (karena kesiangan udah mainstream) melawan penjahat bayaran gue dan mengembalikan dompetnya secara romantis kayak di film – film lawas. Ekstrim abis.

Khayalan gue semakin absurd. Gue pikir gue harus berhenti berkhayal dan melakukan apa yang seharusnya dari dulu gue lakuin. Suatu hari gue tau kalo dia pulang naik angkot yang searah sama gue.

Oke, itu cara pertama gue.

Usaha demi usaha untuk bisa pulang bareng sama dia gak pernah berhasil. Maklum saat itu gue udah kelas 11 dan dia masih kelas 10, jadwal pulang kami berbeda. Alhasil gue pikir cara itu gak cocok dan makan waktu banget. Udah gitu ditambah makan hati karena gue gak berani nyapa langsung. Tambah lagi makan paru dan daun singkongnya banyakin ya ‘Da, sama es teh manisnya 1. Maklum, ngetiknya di restoran padang.

Gue berpikir keras, dimana gue berpijak, disitu gue bakaln mikirin cara yang tepat dan paling efesien. Hmm.. gue tiduran, pikiran gue masih melayang bagaikan terbang ke awan, ku terawang dalam ruang bayang – bayang kelam hiye hiye. Terlungkup, terlentang, terlungkup sambil terlentang pun sudah gue lakuin, namun hasilnya nihil. Akhirnya suatu kejadian aneh ada di depan gue. Tiba – tiba tv di kamar gue ngeganti channel sendiri *jeng - jeng* dan lo tau apa? Channel tv gue berubah menjadi ftv di sc*tv. fak. Gue sebenernya gak terlalu suka nonton ftv, namun kali ini gue coba mengerti dan mengambil hikmah dari tayangan yang gue tonton.
Ftv yang gue tonton ini sengaja gak gue kasih tau judul dan nama pemainnya (padahal emang gak tau). Namun gue ngeliat adegan si pemeran cowok yang ceritanya jadi orang kaya itu menabrak dengan sengaja tidak sengaja cewek kembang desa yang sok lugu dengan ekstrim. Bayangkan saja, ujung kakinya cuma di senggol sedikit, itu cewek langsung mental ke atas pohon..... di belakang gunung. Ini ftv apa film india sebenarnya?. Akhirnya mereka berkenalan dan hidup bahagia selama 2 jam. Kampungan abis.

Oke, itu cara kedua gue.

Esoknya gue berdiri menunggu di depan kelas. Menunggu dia ke kantin bersama temannya. Jantung gue terasa di pasangin bom tempel. Tapi sudah di defuse oleh tim police area B. Akhirnya dia turun, gue mengintai dengan sangat hati – hati. Gue berjalan perlahan seperti seorang ninja yang terkena hernia. Sudah sekitar 5 menit gue mengintai, pegel juga ternyata. Aksi yang akan gue lakuin begitu sangat menegangkan, maklum gue emang cupu abis orangnya. Gue bersiap, gue mengambil mobil jenazah punya sekolah, dan gue tabrak dia. Dan dia mental ke atas pohon di belakang gunung. Huahaha gue puas dan gue gak berhenti ngebayangin abis ini gue dan dia akan berkenalan dan hidup bahagia selama 2 jam.

Tadinya gue pikir gila gue keren banget, namun belakangan gue ngerasa goblok banget udah nabrak anak orang sampe ke belakang gunung. Padahal di jakarta gak ada gunung samasekali. Sebenernya ada sih tapi... ahsudahlah.

Gue pulang dan gue hampir menyerah dengan usaha bodoh gue ini. Gue tergulai lemas menuju tempat tidur. Terdiam cukup lama. Sampai akhirnya Facebook memberi gue alasan untuk tetap bertahan (asoy).

Kampret banget! Kenapa gue baru sadar. Bagai upil yang nyangkut di bulu hidung. Ada tapi tak terasa. Facebook memberikan jalan terang buat gue.


Dan Facebook adalah cara ketiga sekaligus cara terakhir gue
 


Tanpa basa-basi gue langsung buka laptop dan membuka celana Facebook. Gue mencari namanya di kotak pencarian. Sekali. Dua kali. Tiga kali. Belum ketemu juga. Sampai pada pencarian ke 1.325.648 kali baru gue memastikan itu adalah akun Facebooknya doi. Huft.. gue lega banget karena emang udah kebelet dari tadi, sekaligus ada yang mengganjal karena waktu itu dia memasang foto profilnya dengan personel Boyband Korea. Fak. Tapi ganteng juga kalo diliat – liat (apa ini).

Secara waktu itu gue adalah Metalhead abis, jadi ya agak Shock sedikit lah. Tapi setelah gue pikir ya wajar aja sih kalo misalnya anak cewek jaman sekarang demen banget sama Boyband Korea. Tapi permasalahannya kenapa gak masang foto gue aja *loh

Akhirnya ya okelah gue kirim permintaan pertemanan ke dia. Dalam hati ku menunggu dalam lelah aku menunggu, aku menungguuu...
Diluar perkiraan gue, ternyata permintaan pertemanan gue di konfirmasi dalam hitungan hanya 2 jam. Horeee.. gue salto jungkir balik, gue keluar dan membanting laptop gue (kenapa gue bego banget).

Tanpa perasaan menyesal gue menyalakan obrolan, tidak lama dia pun menyalakan obrolan juga. Gue masih inget topik pertama yang gue bicarakan. Agak kampungan sih. Isinya begini kira – kira :

‘boyband korea mulu nih..’

‘hehehe iya ka’
‘ini kak alif ya?’

Fak. Diluar dugaan gue dia kenal sama gue. Sepertinya gue udah cukup membuat dia terpesona sebelum kita berkenalan.

‘hehe iya, kok tau sih’

‘iya, itu aku liat photo profilnya’

‘..............’

Gue jatoh setengah ngangkang dari bangku.

Tapi gapapa. Seenggaknya dia tau nama gue (padahal di sebelah photo profil ada nama lengkap gue). Katro abis.

***

Cerita – cerita bergulir lewat tangan – tangan yang sedang jatuh cinta. Setiap kata serasa membisikkan kalimat rindu yang perlahan menusuk dan tidak ingin lepas. Kita mungkin telah terlarut dalam perbincangan tanpa ujung. Tanpa ada seorang pun yang mengganggu.

Hari demi hari berlalu. Obrolan kita pun semakin jauh dari perbincangan awal. Kata
‘tidak kenal’ menjadi ‘mulai mengenal’ akan terus menjadi memori indah yang takkan terlupakan.

***

Bagaimana bisa gue yang gak terlalu peduli sama Facebook bisa sampe terus – terusan nungguin beranda sampai dia menyalakan obrolan?. Mungkin emang ketakutan yang selama ini gue ‘kutuk’ dan sering gue sindir di sosial media mengarah seperti boomerang yang kembali menyerang gue. Senjata makan tuan. Tuan makan nasi ulam pake tempe ditepungin.

Hari demi hari berlalu. Tanpa disadari kita sudah memberikan sinyal satu sama lain. Sore itu seperti biasa gue mantengin obrolan, menunggu dan menunggu. Anak Facebook abis. Cuma bedanya niat gue bukan cuma ngobrol biasa. Melainkan ngomong yang biasa orang yang tidak biasa orang lakukan yang bisa membuat orang biasa menjadi bisa buang air besar dengan lancar #apasih

‘kakak boleh minta nomer henpon kamu gak?’
Sent.

Satu menit gue tungguin kagak dijawab.

Lima menit gue tungguin belum dijawab juga.

65.493 menit kemudian akhirnya di jawab juga.

Gue hampir mati di tempat karena kelamaan nunggu. Belakangan gue tau rupanya dia sedang menjadi relawan palestina di jalur gaza. Pantesan.

‘emang buat apa kak?’

Wogh! Pertanyaan ini ada di salah satu buku ‘cara mendapatkan nomor henpon gebetan lewat pesbuk’ yang gue baca. Pilihan jawabannya cuma ada 3:

1. ya mau minta aja

2. buat koleksi

3. buat ditempel di tiang listrik dan dikasih tulisan ‘terima sedot WC’

Pilihan yang sulit.

Akhirnya gue putuskan untuk memilih pilihan gue sendiri. Karena belakangan gue tau kalo cara itu hanya berhasil jika kita berada di suatu daerah yang berbeda jauh. Sementara kelas gue dan dia cuma berjarak 5 langkah. Kayak lagu dangdut.

‘ya gpp sih, mau minta aja hehe’
(itu sama kayak nomor 1, kampret!)

‘oh, yaudah nih kak, 08xxxxxxxxx’
Nomornya sengaja gue gak tampilin, demi menjaga vripasi (iya Privasi. Kok nyolot sih!).

Lega sudah. Rasanya seperti baru buang air besar yang ditahan selama 3 minggu. Terlalu bersemangat ngedennya, karena di dalam kamar mandi sambil latihan jadi cheerleders untuk tim bola bekel.
Seperti biasa sore itu isi inbox Facebook gue terasa lebih indah daripada biasanya. Lebih enak untuk terus dibaca berulang – ulang. Walaupun barusan gue agak meringis baca pesan yang dulu pernah gue kirim. Mungkin karena saking katro’nya gue ditambah gombalan alay ala anak kelas 2 SMK. fak

Tapi serius. Dia udah menarik gue dari jurang ke-alay-an anak SMK menjadi lebih alay dari sebelumnya. Semacam ditendang dari belakang. But she is almost perfect. Gue hampir merasa sempurna kalo gue hanya ngobrol berdua sama kakeknya dia di chat facebook saat itu. Ibarat di medan perang, siapapun lawannya, gue udah menyiapkan segala amunisi untuk menghadapi lawan – lawan gue. Dan dia adalah amunisi yang bakalan gue jaga dan gak akan gue lepasin. Kecuali ada yang nawar sama Tamagochi taun 90-an. Mainan langka brow.

***

Kita melakukan percakapan yang lebih intens lewat sms. Dari mulai cuma ngeluarin jokes – jokes basi yang ngebuat dia ketawa maksa karena gak enak, sampe udah mulai ada janji – janji buat online bareng pas pulang sekolah. Agak geli memang, padahal gak ada yang kelitikin.

Facebook ngerubah cara pandang gue menjadi lebih positif sekaligus mematahkan logika dan usaha gila gue. Biasanya perkenalan yang baik akan bertahan lama. Dan kalaupun berakhir, akan berakhir dengan baik pula. Seenggaknya itu yang gue tau.

No comments:

Post a Comment