Thursday 2 April 2015

INDOMI DOUBLE DATE



Beberapa hari setelah kita jadian, gue udah mulai memberanikan diri buat nganter Avta sampe depan rumah. Avta adalah mantan gue waktu SMK. dia orangnya cantik, baik, rajin menabung, dan sholehah banget. Saking sholehahnya, dia kalo lagi marah-marah suka ngemilin karpet masjid. Nggak kayak waktu masih PDKT, gue cuma berani nganter dia sampe depan pintu angkot. Tingkat kepercayaan diri gue semakin memuncak ketika tangan gue udah mulai liar. Iya, gue megang tangan dia untuk pertama kali. Namanya anak SMK, pegangan tangan rasanya masih canggung banget. Apalagi kita satu sekolah, apalagi kita beda kelas, apalagi kita beda kelamin (loh?).

Momen itu susah bikin behenti senyam-senyum sendiri. Sebelumnya gue udah bilang kalo gue mau nganter Avta sampe depan rumah, dan ternyata dia nggak keberatan. Yaudah, dia turun dari angkot di tempat biasa, gue juga ikut turun, kita bayar sendiri-sendiri, dan kita bersiap-siap untuk naik naga yang udah gue panasin. Jalanan saat itu lumayan rame karena hari udah menjelang sore. Kita cukup lama diam nungguin jalanan sepi, karena betis udah mulai kayak atlit lompat tinggi, gue memutuskan untuk mengambil inisiatif yang lumayan memacu adrenalin, gue memegang tangan dia, dengan gerakan setengah menarik, gue menuntun dia seperti nenek-nenek yang mau menyebrang jalan, gue memberikan isyarat kepada pengendara yang lewat saat itu kalo gue mau nyebrangin nenek-nenek. Dengan muka pemberani dan dada yang berapi-api, gue menuntun dia menyebrang. Kita sampai di seberang jalan, dan tangan kita saling melepaskan satu sama lain. Ada hening yang lumayan panjang, ada senyum simpul yang malu untuk terbaca.

Seragam putih-putih serasa berubah menjadi merah muda karena menahan malu. Gue memilih buat mengalihkan pembicaraan biar awkward momen ini nggak berlangsung lama. Sambil diiringi becanda, kita udah hampir sampai.

“Sampe sini aja, kak nganternya. Gapapa kok..”

Panggilan sayang dia ke gue saat itu emang ‘kak’. Iya, kakak.

“Hah? Sampe sini aja? Bener nih gapapa?”

“Iya..”

Dia mulai melangkahkan setengah kakinya

“Nanti pulangnya tau gak kak? Nih, dari sini lurus aja, nanti ada pertigaan belok kiri, deket kok.”

“Oh, iya tau kok. Lurus doang terus belok kiri kan? Hahaha iya tau lah..”

Kata gue, sambil menunjukan raut wajah bingung.
“Bener nih tau? Kalo nggak tau gapapa. Nanti aku anterin deh sampe depan gang..”

LAH INI GIMANA SIH? JADI MAIN ANTER-ANTERAN GINI.

“Iya kakak tau kok. Beneran deh, udah kamu pulang aja sana.”

“Yaudah deh, aku duluan ya kak. Daaa..”

Belum sempet gue mengucapkan ‘daaa..’ gue melihat ada yang aneh dari dia. Lebih tepatnya dari rok putihnya. Ada noda bercak merah tepat di bagian belakang rok putihnya. Gue nggak bener-bener tau itu apa, tapi gue rasa ada yang nggak beres.

“AVTA TUNGGU!”

Gue manggil dia sekenceng-kencengnya. Padahal dia baru jalan 2 meter dari gue.

“KENAPA KAK?! BIASA AJA KALE MANGGILNYA!”

“Ehehehe.. Iya sori-sori.. Eeh.. Umm.. Itu..”

“Itu apa? Kenapa? Ada apa sih?”

Gue nggak berani bilang langsung kalo ada sesuatu yang ‘bocor’. Jadinya gue cuma ngasih kode-kode atau lebih terlihat seperti sandi. Sandi morse ala anak pramuka. Dan sayangnya, yang bikin gue gregetan adalah dia nggak ngerti-ngerti. Sampe gue sikap lilin sambil bikin indomi juga dia masih belum ngerti.

Tapi untungnya, ikatan batin kita udah semakin bersatu. Dengan segala daya dan upaya akhirnya dia mengerti sandi morse absurd yang gue maksud. Gue melihat pipinya berubah warna menjadi merah muda dengan senyum ketir ketika dia sadar kalo gue ngeliat ada yang ‘bocor’ dari belakang rok putihnya.

“Hah?! Ya ampun! Duh.. Eeh.. hehe..”

Dengan sekejap kilat dia membalikkan badannya menjadi menghadap gue, dan segera menyuruh gue untuk pulang.

“Yaudah kakak pulang deh sana cepetan. Tau jalan pulangnya kan? Aku pulang duluan ya kak. Daaa...”

Dia berjalan setengah berlari menuju rumahnya. Tapi gue nggak langsung pulang. Gue diem dulu di tempat dan ngeliat dia masuk rumah sambil nahan ketawa. Sekarang pertanyaannya adalah, GUE PULANGNYA LEWAT MANA NIH?

Besoknya seperti biasa, datang ke sekolah dengan hati yang berbunga-bunga. Gue udah nggak mau ngebahas tragedi ‘bocor’ kemarin sore. Selain dengan alasan nggak enak, juga karena gue takut dia ngambek dan mulai ngemilin karpet masjid lagi. Gue lebih mengalihkan topik pembicaraan ke arah yang lebih serius. Iya kita ngebahas investasi dan saham, naik turunnya harga dollar, dan imbas dari tidak stabilnya harga bbm pada jumlah cabe rawit saat kita membeli gorengan.

Ada ajakan dari Avta yang cukup membuat adrenalin gue terpacu. Nggak seperti biasanya, abis gue mengantar dia pulang dengan mobil pribadi gue. Iya yang warnanya biru muda itu, ada nomornya 34. Avta bilang kalo temen-temennya mau main ke rumahnya dia besok abis pulang sekolah, dan dia ngajak gue mau ikut apa nggak. Kebetulan gue bilang ke Avta saat itu gue emang lagi nggak ada jadwal apa-apa pas pulang sekolah. Padahal gue nggak pernah ada jadwal apa-apa. Biar gaya aja. Singkat kata gue meng-iya kan ajakan dia, dan seperti sebelumnya, kita berpisah tangan di persimpangan jalan.

Di tempat biasa menungu angkot, sudah ada Dista dan Rahman. Teman satu angkatannya Avta. Dan setau gue, si Dista dan Rahman juga berpacaran. Kita menunggu angkot dengan syahdu. Perasaan gue mulai nggak enak.

Kita menghabiskan waktu di angkot dengan mengobrol santai. Bisingnya suara kendaraan yang mengaum kepanasan membuat kita berbicara semakin dekat, bahkan hampir berbisik keras. Nggak kerasa, kita udah hampir sampai. Gue udah menyiapkan uang 4000 rupiah untuk membayar ongkos angkot gue dan Avta. Sebelumnya emang gue selalu bayarin dia pas pulang naik angkot. Karena ada Dista dan Rahman, gue berusaha sedikit menunjukkan kalo gue gentlemen dengan bayarin ongkos angkot Avta di depan mereka berdua. Tadinya gue juga mau bayarin si Dista dan Rahman, tapi gue mikir ulang, besok gue makan pake apa.

Kita ber-empat udah sampe di depan rumahnya Avta. Dia tuan rumah yang baik, ngebukain pintu pager, nyuruh kita masuk, dan nge-bukain sepatu dan kaos kaki kita. Orang tua Avta nggak ada di rumah, yang ada cuma kakeknya. Avta nawarin gue, Dista dan Rahman mau makan apa, tadinya gue mau pesen Pizza Hut 2 ekstra keju, nasi padang pake rendang, sama sate ayam 30 tusuk. Tapi sebelum gue bilang, Avta udah mengusulkan ide lebih dulu. “Makan Indomi aja ya..”. Yaudah.

Sementara si Avta dan Dista sibuk bikin Indomi. Gue lebih memilih duduk di pojok sambil main hape dan nulis-nulis. Dan si Rahman asyik ngajak ngobrol kakeknya Avta. Indomi udah jadi, kita semua makan sambil ngobrol, untung nggak keselek. Gue bilang ke Avta kalo indomi buatan dia pasti bikinnya pake cinta, soalnya rasanya manis, semanis asmara dua orang yang sedang jatuh cinta. Padahal mah rasanya biasa aja.

Indomi udah habis, tapi entah kenapa gue mulai ngerasa nggak nyaman. Avta, Dista dan Rahman asyik ngobrol bertiga, sementara gue nggak nyambung sama sekali sama apa yang mereka omongin. Ya maklum aja, mereka ngomongin pelajaran, boyband korea, sampe ngomongin kejelekan orang. Dan gue ya tau sendiri, omongan gue nggak jauh-jauh dari investasi dan saham, naik turunnya harga dollar, dan imbas dari tidak stabilnya harga bbm pada jumlah cabe rawit saat kita membeli gorengan.

Akhirnya gue memutuskan untuk pulang lebih awal. Untungnya Avta nggak keberatan, gue izin pulang duluan sama Dista dan Rahman, mereka juga nggak keberatan. Avta mengantar gue sampe persimpangan jalan seperti biasanya. Dan gue nggak tau kalo bisa aja mereka bertiga ngomongin gue abis gue pulang.

Gue udah mulai mencium bau-bau perpisahan semenjak kejadian indomi double date itu. Entah kenapa, kita menjadi hambar. Sehambar indomi yang dibikin Avta waktu itu. Kita udah mulai jarang berkomunikasi lewat handphone atau pun mengobrol secara langsung, gue udah males ke kantin lagi bareng dia, ngobrol di depan kelas sambil sandaran di pager pembatas lantai 3. Berhari-hari gue nggak ngelakuin aktivitas itu bareng Avta. Dan ternyata bener aja firasat gue, dia minta putus dan dia minta berhenti berharap lebih dari dia yang sekarang. Awalnya gue nggak ngerti apa yang dia omongin, gue nyoba bales sms dari dia berkali-kali, dan dia cuma menjawab “Udah kak. Jangan ganggu aku lagi.” Gue nggak berhenti, gue nyoba telpon dia berkali-kali, nyambung tapi nggak diangkat. Gue langsung bangun dan pergi buru-buru ke rumahnya dia cuma buat minta penjelasan. Tapi ternyata semua terlambat, dia tetap diam dan nggak mau ngebuka pintu rumahnya buat gue.

Ternyata benar, saat kita kehilangan baru kita merasa bahwa saat memiliki itu harus menjaga sepenuh hati. Bukan hanya di awal. Tapi gue nggak sepenuhnya menyesal, toh gue masih bisa ngelihat dia di sekolah, walaupun dia selalu nyoba menghindar saat ketemu gue. Dan ada yang bikin gue tambah tidak menyesal, nggak lama setelah putus dari gue, Avta udah punya pacar lagi, teman seangkatannya. Ya gue cuma berharap, dia nggak diajak makan indomi di rumahnya Avta bareng Dista dan Rahman lagi.

No comments:

Post a Comment