Wednesday 10 June 2015

KONSEKUENSI ITU PASTI ADA, ATAU DALAM KATA LAIN, BERKORBAN DEMI KEBAHAGIAAN ORANG LAIN



Hari ini gue belajar banyak banget. Penantian dan banyaknya pengorbananan selama kurang lebih empat tahun telah terbayar lunas. Ibu gue baru saja melangsungkan akad nikah yang dilaksanakan tadi pagi (07-06-2015).

Rasanya pasti campur aduk, ada bahagia, ada juga yang menjadi korban dalam kebahagiaan.

Oke, biar gue jelasin sedikit.

Gue besar dalam keluarga yang kurang harmonis. Kedua orang tua gue bercerai pada saat akhir gue kelas tiga SMP, itulah salah satu alasan gue pidah dari Depok ke Jakarta untuk meneruskan pendidikan gue. Gue punya satu adik laki-laki yang saat mereka memutuskan untuk bercerai, berusia enam tahun, dan pada saat itu dia masih sekolah TK dan melanjutkan ke sekolah SD di Jakarta. Penyebab perceraiannya adalah masalah ekonomi, perselingkuhan yang udah bukan menjadi isu lagi, dan masih banyak lagi. Yang jelas gue tau saat itu adalah orang tua gue bakalan bercerai, kehidupan gue nggak akan normal.

Setelah bercerai, gue dan adik gue tinggal sama nyokap di rumah orang tua nya, atau di rumah kakek dan nenek gue. Nggak bener-bener lega karena gue pikir setelah bercerai nggak akan ada masalah-masalah lagi, ternyata gue salah. Semuanya udah terjadi, di dalam perceraian, anak akan menjadi korbannya, dan betul, gue dan adik gue menjadi korbannya.

Masalah ekonomi kayaknya belom selesai begitu aja. Dari mulai memilih sekolah swasta yang pas buat gue, Salah satu alasan nyokap gue nyuruh ikut seleksi buat masuk sekolah negeri adalah untuk meringankan biaya, karena biaya masuk sekolah negeri saat itu lebih ringan dari sekolah swasta. Tapi apa mau dikata, gue nggak lolos. Ya maklum aja, gue dari sekolah luar Jakarta, dan kapasitas anak murid baru dari luar Jakarta di tiap sekolah negeri cuma 5 orang. Gue agak malu sebenernya karena nggak lolos dan ngerepotin nyokap gue, di tambah lagi pasti akan ada pertengkaran gara-gara biaya masuk sekolah swasta itu cenderung mahal bagi nyokap dan bokap gue. Beruntung adik gue masuk SD negeri yang semua-muanya gratis, dari biaya masuk sampai spp. Beban biaya dan beban pikiran sedikit berkurang.

Bokap gue saat itu belum mempunyai pekerjaan yang jelas, yang ada di pikiran beliau saat itu adalah untuk menunda sekolah gue dulu satu tahun sampai ada uang untuk membiayai gue masuk sekolah. Pertengkaran terjadi lagi, nyokap gue jelas nggak setuju dengan apa yang bokap katakan, tapi beruntung gue punya keluarga yang masih berbaik hati. Keluarga dari nyokap gue akhirnya patungan untuk membiayai uang pendaftaran gue yang mencapai tiga juta rupiah. Gue bersyukur sekaligus malu hati karena udah dibantu sedemikian rupa, dari sini gue udah bisa ngebedain, mana yang baik, mana yang nggak baik buat gue.

Di waktu yang hampir bersamaan gue juga tau kalo tanpa persetujuan gue bokap udah punya istri lagi. Dia memutuskan untuk menikah siri nggak lama setelah bercerai dari nyokap gue. Lalu karena melakukan pernikahan siri, maka gue saat itu merasa kehilangan hak gue sebagai anak kandung. Gue nggak pernah tau atau lebih tepatnya nggak pernah di kasih tau kapan dan dengan siapa beliau menikah. Gue sengaja nggak pernah mau nanya apa-apa tentang perempuan yang gue disuruh bokap untuk memanggilnya dengan sebutan tante itu, dengan harapan kalo bokap bakalan ngasih tau gue suatu saat nanti. Tapi lagi-lagi itu cuma menjadi harapan gue. Sampai saat ini, tanpa pernah gue tau asal-usul istri bokap baru gue, sekarang bokap udah punya anak lagi.

Permasalahan yang cukup kompleks untuk anak di bawah dua puluh tahun seperti gue dan adik gue.

Sekarang nyokap udah nikah. Tapi bedanya beliau nikah secara resmi, gue pun ikut dilibatkan dalam semua prosesnya. Senang sekaligus sedih karena nyokap bakalan tinggal sama suami nya di bogor. Gue yakin nyokap dan suaminya mau tinggal se rumah sama gue dan adik gue. Tapi di keluarga besar gue, orang yang udah menikah, nggak boleh tinggal di rumah orang tuanya, selain itu suami nyokap gue memang udah nyiapin rumah buat nyokap gue. Nggak kenapa-kenapa sih, ya itung-itung belajar mandiri. Gue jadi inget dulu setelah lulus sekolah, gue mau kuliah di Bandung dan nge-kost deket kampus. Seperti anak-anak yang baru lulus lainnya, tujuan gue cuma biar bisa belajar jauh dari orang tua, belajar mandiri dan nggak ngerepotin lebih tepatnya. Tapi sebelum gue bilang ke nyokap, gue udah mikir panjang, enak sih tinggal sendiri, tapi pasti nanti gue bakalan repot banget, gue nggak punya saudara satu pun yang tinggal di Bandung, belum nanti gue juga mau nyari kerja part-time buat tambah-tambahan duit kuliah, ya syukur-syukur ada lebihnya buat gue jajan. Ternyata gue salah, justru jauh dari orang tua bakalan bikin orang tua gue tambah repot. Tapi sekarang akhirnya gue ngerasain juga tinggal jauh dari orang tua, tapi gue nggak sendiri, ada adik, kakek, dan tante gue.

Tapi tetep aja, jauh dari nyokap pasti bakalan nggak enak banget. Kesepian, gue pasti bakalan kangen banget di bangunin gara-gara kesiangan, nemenin nyokap masak, disuruh ke warung...

Ini adalah yang gue sebut konsekuensi itu pasti ada, atau dalam kata lain, berkorban demi kebahagiaan orang lain. Di dalam kasus ini, jelas gue yang menjadi korban, bokap nyokap udah nggak tinggal se rumah lagi sama gue. Sekarang anak mana yang nggak sedih nyokap bokap nya tinggal misah-misah? Ya mau nggak mau, gue harus nerima konsekuensi, gue juga tau, bokap nyokap gue juga pasti nerima konsekuensi yang sama kayak gue, nggak bisa ngeliat anaknya setiap hari karena udah nggak tinggal se rumah lagi.

Di setiap konsekuensi pasti ada pengorbanan, kita semua berkorban. Berkorban demi kebahagiaan masing-masing. Mungkin caranya memang berbeda-beda, tapi gue punya prinsip; siapapun pasangan baru nyokap dan bokap gue, sekalipun mereka udah punya anak, gue cuma punya tiga orang di hati gue; ayah, ibu, dan adik gue. nggak ada yang lain.

No comments:

Post a Comment