Monday 16 November 2015

TENTANG MENUNGGU



Waktu itu awal-awal masuk sekolah, lebih tepatnya pada saat MOS atau Masa Orientasi Siswa. Di depan mata gue udah terpampang tulisan gede ‘MTs. Muhammadiyah 1 Kota Depok’. Lalu tanpa basa-basi nyokap gue langsung menuntun gue untuk masuk ke dalam sekolah dan mengikuti acara penerimaan sekaligus pengumuman siswa/siswi baru yang diadakan di lapangan upacara. Gue dan anak-anak lainnya yang baru lulus SD semuanya terlihat sama. Pendek, bego, dan bau ketek. Tapi gue nggak terlalu fokus dengan apa yang disanpaikan oleh kepala sekolah. Gue yakin bukan cuma gue yang melakukan hal ini; mengamati setiap anak-anak dari depan sampai belakang, untuk mencari apakah ada teman satu SD kita dulu, yang sama-sama masuk ke SMP yang sama dengan kita. Tujuannya 1, agar kita lebih gampang bergaul dengan teman-teman yang belum kita kenal.

Acara pengumuman dan penerimaaan selesai. Sekitar 200 calon murid dibagi kedalam 5 ruangan. Gue masuk ruangan, dan langsung mencari bangku paling belakang. Kebetulan ada satu bangku kosong yang belum ditempati, langsunglah dengan pede gue menuju ke bangku itu, dan langsung bertanya kepada seorang cowok yang sedang ngupil pake pensil, ‘ini udah ada yang nempatin belum ya?’ Cowok yang belakangan gue tau namanya Birul ini (iya, namanya beneran Birul, jangan di tanya lagi, gue juga nggak ngerti) mencabut pensil dari hidungnya dengan perlahan sambil berkata ‘aaahhh...’ dan seketika terlihat cairan hijau tidak teratur di ujung pensil yang dia pegang. Birul melanjutkan omongannya ‘enggak kok... Duduk aja..’. Dalam hati gue berkata ‘ Ya Allah, selamatkan aku...’

Tidak lama kemudian, ada seorang cewek yang gue yakin dia itu blasteran eropa. Iya beneran, gue tau karena dia pernah cerita ke temennya kalo dia itu kalo sarapan pasti pake roti dan jus jeruk, dan dia nggak sakit perut. Itu kebiasaan orang eropa, kan? Berbanding terbalik sama orang indonesia asli kayak gue, kalo sarapan itu harus pake nasi uduk dan teh manis panas. Orang indonesia terutama gue, kalo makan apa-apa harus pake nasi. Malah kadang-kadang gue pernah makan pizza pake nasi, makan spagetti pake nasi, makan lontong pake nasi. Selain karena saking noraknya, gue kalo makan apa-apa nggak pake nasi itu kurang nendang. Iya, abis gue makan nasi, perut gue langsung ditendang sama nenek-nenek penjual nasi uduk sesuai dengan berapa jumlah nasi yang gue beli.

Tapi serius, rasa-rasanya gue mulai suka sama cewek itu, namanya Nadia, yang gue tau namanya saat seorang senior kampret memanggil namanya saat absen. Nadia cantik banget, gue suka mata sama alisnya, sama idungnya, sama pipinya, sama bibirnya, sama semuanya deh pokoknya. Nadia duduk di depan sebelah kanan bangku gue dan Birul, lebih tepatnya dua bangku dari belakang sebelah kanan gue. Mata gue dan Nadia bertemu pertama kali saat Nadia tidak sengaja melihat ke arah tempat gue dan Birul duduk. Namun sayang saatnya tidak tepat, gue belom sempet memasang pose terganteng gue, yang ada malah gue lagi ikut-ikutan ngupil pake pensil sama si Birul, kampret!

Tapi untungnya Nadia nggak ilfeel. Dia cuma senyum-senyum sendiri, antara jijik sama lucu emang beda tipis, tapi gue baru ngeliat ternyata Nadia lagi dikelitikin sama temen sebelahnya.

Akhirnya bel istirahat berbunyi, gue langsung berdiri dan melepaskan atribut bodoh yang melekat di kepala dan badan gue. Nadia juga begitu, dia keluar kelas bersama dua orang temannya, sementara gue keluar sendiri dan langsung mencari temen SD gue, Rafli. Rafli orangnya nggak terlalu ganteng, nggak terlalu jelek juga, ya itungannya hampir ganteng tapi pasti jelek lah. Tapi kalo menurut gue ya, gue nggak terlalu peduli sama bentuk fisik dari sahabat-sahabat gue, yang penting dia itu setia kawan dan bisa bawelin gue. Ini adalah poin pertemanan yang kedua; Solidaritas di atas segalanya.

Di depan teras kelas, Rafli muncul dari kelasnya di lantai 2. Kita mengobrol singkat, dan gue langsung membicarakan kalo gue lagi tertarik sama Nadia.

‘Fli, gue lagi suka nih sama cewek’

‘Anjir langsung nemu aja lo... Yang mana nih?’

Gue diem, gue dan Rafli melepaskan pandangan ke seluruh lapangan, hanya terlihat sekumpulan anak laki-laki yang gue belum kenal sedang asik bermain sepak bola. Tiba-tiba dalam sekelebat Nadia dan 2 orang temannya lewat di depan gue dan Rafli, sepertinya dia baru abis dari kamar mandi.

‘Yang mana lif?’

Gue langsung menjawab,

‘Ya lo tau lah yang mana...’
Rafli senyum-senyum sendiri. Bukan karena temennya Nadia lagi ngelitikin dia dari belakang, tapi melainkan sepertinya Rafli udah bener-bener paham sama selera gue.

‘Eh tunggu deh. JANGAN BILANG LO JUGA SUKA SAMA DIA?!

Rafli langsung menjawab,

‘Hahahaha... nggak lah... gue juga sadar diri kali...’

Bagus.

‘Tapi lo jangan cuma terfokus sama Nadia lif. Coba lo liat anak-anak yang lagi maen bola di lapangan itu. Bisa jadi saingan lo lebih banyak daripada mereka. Hati-hati lif...’

Rafli emang paling bijak kalo soal percintaan. Bisa dibilang dia itu pengalamannya udah banyak. Ya lo tau kan kalo orang yang pengalamannya udah banyak itu yang paling sering apa? Yak betul...

Tapi Rafli betul, gue harus lebih hati-hati. Tapi gimana caranya ya?

Nggak kerasa udah 3 hari gue mikirin gimana caranya biar gue deket sama Nadia. Kepala sekolah sekaligus panitia sudah memanggil kami dengan TOA nya untuk segera menuju lapangan untuk berbaris dan sekaligus mengakhiri MOS atau Masa Orientasi Siswa ini. Gue dan Birul langsung berjalan ke lapangan begitu juga Nadia dan 2 orang temannya. Namun gue terkejut sekaligus berharap ketika kepala sekolah mengumumkan bahwa kelas kita akan di acak lagi. Dalam hati gue berkata, ‘Ya Allah mudah-mudahan sekelas sama Nadia...’ tapi kepala sekolah berkata lain, gue nggak sekelas sama Nadia.

Rafli bener soal kata-katanya. Sepengelihatan gue, hampir semua cowok di angkatan gue itu suka sama Nadia. Dia udah menjadi bunga mawar di sekolah, setiap dia jalan, cowok-cowok mengikuti dia dari belakang. Sementara gue, ya jadi bunga bangkai lah, setiap gue jalan, lalat-lalat dan serangga mengikuti gue dari belakang. Sepertinya gue udah kehilangan harapan, dengan melihat saingan-saingan gue yang jauh lebih ganteng, tinggi, dan jago olahraga, nyali gue udah ciut duluan.

Semester 1 udah menemui ujungnya, keadaan sekolah ramai tidak terkendali, ya maklum aja, udah selesai UAS dan liburan hanya tinggal menghitung jam. Gue, Birul, Rafli dan teman-teman lain hanya berkumpul di kantin dan membicarakan nanti mau liburan dimana. Nadia masih menjadi idola bagi laki-laki, tapi kayaknya ada yang aneh, Nadia sampai sekarang belum punya cowok, ya secara kan banyak cowok-cowok yang ngejar dia dengan keadaan fisik memumpuni. Entah Nadia yang seleranya tinggi, atau karena cowok-cowok tersebut tidak ada yang serius dengan dia, atau dalam bahasa lainnya, ya cuma caper doang.

Gue memutuskan untuk pamit pulang duluan ke teman-teman, karena gue udah nggak sabar mau liburan di rumah nenek gue di Jakarta. Gue jalan menuju gerbang tanpa menengok kanan kiri, gue udah nggak mikirin Nadia lagi, dia pasti dapet cowok yang lebih baik, lebih bisa memenuhi kebutuhannya dari gue. Tiba-tiba saat gue melewati beberapa kelas, terdengar samar ada suara perempuan yang memanggil gue,

‘LIF!’

Gue menengok pasti, berharap bukan ibu kantin yang manggil gue, mengingat gue barusan makan gorengan 5 tapi ngaku 3. Untungnya bukan ibu kantin, tapi Nadia dan 1 orang temannya yang gue tau bernama Dewi, memanggil gue, entah ada apa.

‘Lo Alif kan?

Nadia bertanya kepada gue, gue deg-degan setengah mati.

‘Iya... Lo Nadia... Yang terkenal itu kan?’

‘Hahaha bisa aja lo... eh kenalin, ini Dewi’

‘Hai lif’

Kata Dewi, seraya kita berjabat tangan.

‘Hai... Iya... Lo Dewi kan... temennya yang terkenal itu?’

‘Hahahaha’

Mereka tertawa heran.

‘Eh lo mau kemana nih?’

Kata Nadia

‘Gue mau..... Balik. Emang kenapa?’

Kata Gue

‘Ehm! Ini bisa gak ya ngobrolnya di tempat lain aja, anak-anak yang lain pada mau keluar nih!’

Kata satpam sekolah gue. Ternyata kita ngobrol di depan gerbang sekolah.

‘Ehehehe iya iya maaf pak...’
Kami pun berpindah tempat ke depan kelas Nadia, lalu dia melanjutkan omongannya yang terpotong,

‘Ehh... nggak kok, gapapa, yaudah kalo mau balik, balik aja... Daahh.. See ya!’

Gue yang bingung langsung menjawab,

‘Ohh... Yaudah deh, gue duluan ya’

Sepanjang perjalanan dari kelas Nadia menuju pinggir jalan tempat biasa gue menunggu angkot gue habiskan untuk berpikir. Lalu gue inget sesuatu, ternyata tanpa gue sadari, Nadia sering memperhatikan gue, dari mulai pertama kali saat MOS, sampai sekarang. Lalu, tujuannya dia manggil gue apa? Kan selama ini dia sering dikejar cowok-cowok, terus juga selama ini gue nggak ngerasa Nadia sering merhatiin gue, kecuali pada saat MOS. Seiring gue memberhentikan angkot, gue berkesimpulan bahwa mungkin Nadia cuma mencari perhatian ke cowok yang nggak terkenal kayak gue, entah tujuannya apa, tapi mungkin dia udah agak bosen dikejar-kejar cowok, atau mungkin dia hanya ingin mencari fans baru, secara kan gue nggak terkenal dan nggak ngejar-ngejar dia. Lalu saat gue mendekat, dia bisa pergi kapan saja. Entahlah.

Liburan berakhir. Semester 2 sudah di depan mata. Gue masuk sekolah seperti biasa. Membawa cerita yang itu-itu aja. Namun sepertinya ada yang kurang, Nadia mana ya? Sehari gue pikir, oh mungkin dia nggak masuk. Dua hari gue tunggu, oh mungkin dia sakit. Tiga hari gue nanti, oh mungkin dia udah mati. Sampai seminggu, dua minggu, Nadia nggak pernah keliatan. Dewi pun jadi lebih sering jalan ke kantin sama temennya yang lain. Terus Nadia kemana? Disaat gue lagi duduk-duduk sama temen-temen gue di depan kelas, tiba-tiba segerombolan anak-anak cowok yang dulu ngejar-ngejar Nadia lewat di depan gue sambil berkata, ‘Ah coba Nadia masih ada ya, pasti bakalan seru banget nih. Sayang aja dia udah pindah ke Bali.’ Dalem hati gue, ‘KE BALI?! NADIA PINDAH KE BALI?!’. Gue langsung kabur nyari Dewi, gue telusuri sekeliling sekolah, Dewi nggak tau kemana. Bel sekolah memberhentikan pencarian gue. Akhirnya gue putuskan untuk mencari Nadia lewat akun Facebooknya nanti setelah pulang sekolah.

Tidak butuh waktu lama untuk menemukan akun Facebooknya Nadia. Dan ternyata benar, Nadia sudah mengganti Location Facebooknya menjadi di Bali, bukan di Depok lagi. Di tambah dia mengupload foto profilnya yang berlatar belakang sunset yang sepertinya di salah satu pantai di Bali. Pertanyaannya adalah kenapa Nadia nggak bilang? Kenapa Nadia pergi saat dia memberikan harapan ke gue? Apa maksud dia manggil gue waktu itu untuk sekedar berpamitan? Kenapa lo nggak bilang Nadia?!

Esoknya saat jam istirahat gue pergi keluar untuk nyari Dewi, ternyata dia ada di depan kelasnya sambil makan batagor bersama beberapa orang temannya. Gue langsung bertanya,

‘Nadia kemana?’
Dewi langsung menjawab dengan mulut penuh dengan batagor,

‘Nadia pindah ke Bali, soalnya orang tuanya pindah pekerjaan jadi di Bali. Emang lo baru tau?’

‘KAMPRET! KENAPA LO NGGAK NGASIH TAU DARI AWAL?!

‘Ya gue pikir lo udah tau... hehehe sorry sorry...’

Nadia udah pergi jauh. Dan bodohnya tanpa gue sadari, Nadia ternyata juga menyimpan rasa sama gue. Yang paling gue sesali, kita nggak pernah sekalipun ngobrol atau sekedar menyapa. Dan ternyata benar, sesedih-sedihnya pasangan, adalah mereka yang saling menunggu, tapi tidak pernah tau kalau sama-sama ditunggu.

No comments:

Post a Comment