Friday 2 September 2016

SELF REMINDER


Halo tahun ke-20! Seneng rasanya karena tahun ini masih dikelilingi suasana hangat. Masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi kayaknya udah harus banyak yang diubah dari diri gue. Self Reminder ini sengaja gue buat biar gue paham dan ngerasain bagaimana progres sekaligus proses yang bakalan gue jalanin di tahun-tahun selanjutnya. Ya mudah-mudahan gue bisa memperbaiki diri sedini mungkin biar kedepannya nggak repot-repot amat.

Yang pertama,

Pemalas dan Kurang Bisa Memanfaatkan Waktu
Jujur aja, gue adalah tipe orang yang pemalas. Ini terbukti dari gue yang sering banget ngulur-ngulur waktu. “Ntar-ntaran” adalah kata kuncinya, tapi gue lebih seneng nyebutnya sebagai “Last Minute Attack”. Emang agak aneh sih, tapi selama ini menurut gue “Last Minute Attack” adalah cara paling worth it buat gue. Bisa memacu kreatifitas dan adrenalin lebih kencang dari biasanya. Tapi semakin kesini gue semakin sadar kalo cara itu nggak bagus buat proses kedewasaan gue. Karena ketika gue menunggu “Last Minute Attack” banyak waktu gue yang terbuang sia-sia. Karena gue anak manajemen, maka ilmu yang gue dapat selama ini akan gue aplikasi kan sesuai dengan kebutuhan gue. Manajemen waktu, mengatur waktu dengan sebaik-baiknya adalah hal yang pertama mau gue lakuin di tahun gue yang ke-20. Memang gue agak telat, tapi seenggaknya lebih baik terlambat daripada nggak sama sekali.

Yang kedua,

Iri
Dibalik tampak luar gue yang cuek ini, gue adalah orang yang gampang iri sama orang lain. Lingkungan sekitar juga bikin gue selalu ingin terlihat beda dan harus bisa dianggap lebih baik dari yang lain. Apalagi sama temen, entah dalam hal apapun, prestasi, lebih di respect sama orang lain, dan satu ini nggak terlalu penting sih, pacar. 3 hal itu adalah hal yang paling bikin gue iri. Tapi gue sadar, kalo gue terus-terusan iri, gue pasti bakalan melakukan segala cara buat memuaskan hasrat iri gue, dan itu nggak bagus. Dan menurut gue energi iri ini bisa gue ubah menjadi positif. Bisa menjadi motivasi gue dan baiknya nggak harus melakukan segala cara. Gue bisa maju tanpa menjatuhkan orang lain. Itu bagus kan?

Yang ketiga,

Berdamai Dengan Masa Lalu
Ini adalah salah satu problem terbesar gue. Agak susah berdamai dengan masa lalu. Ada aja hal yang bikin gue susah maju gara-gara masih suka melihat ke belakang dan itu bikin gue takut dan lebih hati-hati. Gue sadar ini harus segera dihentikan. Berdamai dengan masa lalu adalah jalan yang mau gue tempuh. Ini nggak akan mudah tapi gue akan berusaha sebisa mungkin nggak melibatkan masa lalu untuk urusan apapun yang gue lakuin. Di-amin-i aja semuanya, yang udah terjadi ya di-ikhlasin, yang salah-salah ya dimaafin. Toh kemarin benar atau salah sekarang udah nggak ada artinya. Waktu nggak akan nunggu gue, bukannya harus ngelupain semua masa lalu dan nggak ninggalin jejak apapun. Tapi lebih ke mendewasakan semua pandangan gue terhadap masa lalu. Kalo diibaratkan sebuah buku, gue akan membuka lembaran baru. Gue bisa aja buka lembaran sebelumnya, tapi kan gue udah tau jalan ceritanya, jadi buat apa?

Sebenernya masih banyak Self Reminder – Self Reminder gue yang lain. Belum lagi soal agama, keluarga, orang-orang sekitar, kecemasan gue akan masa depan, memenuhi ekspektasi orang tua… dan itu semua harus bisa gue atasi dengan cara gue sendiri. Mudah-mudahan gue bisa memenuhi semua Self Reminder yang gue buat ini. Gue pernah liat kata-kata “Don’t grow up. It’s a trap”. Mungkin benar, menjadi dewasa itu nggak enak, pasti semakin banyak tanggungan yang harus gue bawa dari tahun ke tahun. Tapi sekali lagi, waktu nggak akan nunggu gue, dia akan terus berjalan dan otomatis gue juga harus berkembang. Dan gue percaya di tahun gue yang ke-20 ini, gue belum terlambat melakukan semuanya.

No comments:

Post a Comment