Wednesday 6 September 2017

CLARA (Part 5)

“IKUT GUA LU SEMUA!”

Aku, Seno. Raska dan Lemy bangun dari semak-semak tempat kami bersembunyi dan terpaksa mengikuti perintah seseorang yang tampaknya salah satu anggota geng Adit Colo. Sambil tertunduk malu karena Lemy terlanjur menggunakan pakaian dan make up perempuan, aku berbisik dan bertanya kepada Raska kenapa kita sampai ketahuan.

“Ras, ini kenapa kita sampe ketahuan gini? Mampus dah ini kita semua.”

“Nggak tau Ditt. Kayaknya sih dia emang udah ngikutin kita dari awal.”

“Duh nggak bener nih.”

Kita semua digiring seperti domba yang mau masuk ke kandang oleh anjing gembala.

“Woi liat nih gue bawa siapa!”

Kata orang yang memergoki kita di semak-semak yang belakangan aku tahu namanya Sonde. Sonde mandeeeeee.

“Siapa tuh?”

Tanya Engkong dan Sakay yang juga ada di Warung Ibu.

“Nggak tau, gue juga baru ketemu, belom sempet kenalan.”

Ini semua diluar rencana. Kami berempat langsung disuruh duduk dan diinterogasi. Aku sebagai orang yang mempunyai rencana merasa mempunyai tanggung jawab lebih. Aku langsung membuka percakapan.

“Gue nyari Clara. Dia belakangan ini jarang keliatan. Kemarin gue denger kalian pada ngomongin Clara sambil ketawa-ketawa. Makanya gue dateng kesini. Sorry kalo caranya harus kayak gini. Gue sengaja ngendap-ngendap soalnya gue cuma mau ngomong berdua sama Adit Colo. Karena gue pikir dia yang tau dimana Clara.”

“HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA!!!”

Seisi Warung Ibu tiba-tiba tertawa keras sekali. Bahkan ada salah satu anggota mereka yang keselek karena ketawa dan dilarikan ke rumah sakit.

Adit Colo masih diam memperhatikan. Mungkin dia merencanakan suatu hukuman yang tepat buat kami, entah kami akan dihukum jalan mundur sampai rumah masing-masing, push up sampai tangan kiri tertukar sama tangan kanan, atau yang lebih parah, kami dihukum untuk mendengarkan lagu lagu Young Lexx sampai kami mengalami gangguan jiwa.

“Emang lo kenal sama Clara dari kapan?”

Kata Sonde sambil menyilangkan tangannya di dada.

“Belom sempet kenalan sih, eh sempet deh.. emmmm panjang pokoknya ceritanya. Emang kenapa lo nanya begitu?”

“Gue juga dulu sempet deket sama Clara, lo baru kenal dia belakangan ini kan? Nih gue kasih tau Clara gimana orangnya.”

Aku memasang telinga tajam-tajam, berusaha mendengarkan semua perkataan Sonde baik-baik. Sampai dia bernafas dan mengedipkan mata perdetik pun aku hafalkan.

“Jadi sebelum lo se-insecure ini sama semua orang, gue udah pernah ngalamin, jadi gue paham gimana rasanya. Gue sama Clara pernah deket beberapa waktu lalu, pertama kali gue ngeliat dia ya dia biasa aja orangnya, sama kayak cewek-cewek lain, cuma karena kebetulan kita ada di lingkungan yang sama, lama-lama gue jadi punya rasa penasaran ke dia. Mulailah gue deketin dan ngasih perhatian lebih ke dia…”

“Jadi lo nggak tertarik sama fisiknya dia?”

“Awalnya nggak. Kayak ketutup aja sama temen-temen cewek gue yang lain. Belakangan baru gue ngeliat kayak ada harapan buat gue, biarpun masih belom jelas-jelas banget.”

“Hmm… terus terus?”

“Singkat cerita gue dapet kontak sama sosmednya dia. Awalnya gue usaha banget buat nyari percakapan yang pas dan nyambung, biar nggak awkward aja gitu. Tapi lama kelamaan gue ngerasa kita tuh nyambung dan gue dapet feedback yang jarang banget gue dapetin pas gue deketin cewek lain sebelumnya.”

“Pertanda bagus tuh… terus gimana?”

“Gue makin pede buat deketin dia, nekat masuk ke circle pertemanannya dia yang sebenernya gue nggak nyambung sama sekali sama apa yang mereka obrolin. Demi bisa terus ngeliat dia setiap hari. Gue seneng ngeliat dia ketawa gara-gara celetukan gue yang nggak jelas. Gue seneng sama semua cerita hidupnya dia, bantuin orang tuanya ngadain selametan di rumahnya, gue sempet dikirimin foto nasi box yang dia tumpuk dan disusun terus diiket pake tali plastik warna ijo tua, tapi fotonya di satuin dan salah satu foto gue liat ternyata rak piring di rumahnya dia itu sama kayak rak piring di rumah gue, disitu gue ngerasa kalo kita itu cocok banget, secara rak piring itu limited edition, dan ternyata pas gue tanya nyokap kita beli rak piring itu di toko yang sama. So sweet banget kan? Pagi-pagi nganterin adeknya yang masih SD ke sekolah gara-gara nyokapnya lagi keluar negeri. Sampe saling cerita tentang mantan kita dan masa depan yang bakalan kita alamin sampe jam 3 pagi. Dia orangnya juga seneng bercanda, kadang gue dikirimin foto dia lagi selfie padahal gue nggak minta, entah apa tujuannya. Tampang gue emang serem, tapi hati gue gampang luluh, apalagi dia seneng ngegombal, biarpun gombalannya kodian dan setiap gue baca gue selalu istigfar, tapi nggak tau kenapa kayak ada sesuatu dalam hati gue yang dia sentuh. Gue nggak tau apa yang ada di otak gue saat itu, yang jelas gue pengen selalu ada disamping dia. Gue usaha semampu gue biar gue bisa diandelin saat dia butuh bantuan.”

“Sedetail itu ingatan lo tentang Clara?”

“Gue nggak gampang ngelupain setiap orang yang udah baik di hidup gue.”

“Oke terus kenapa lo nggak deket lagi sama dia sekarang?”

“Kejadian yang paling gue takutin dari awal gue deketin dia terjadi. Ternyata dia itu baik ke semua orang, termasuk ke cowok yang baru dia kenal. Dia bilang kalo pengen banget punya sahabat cowok, tapi gue ngerasa gue nggak diperlakuin kayak sahabat cowoknya dia. Gue nggak yakin kalo gue cuma kepedean, perlakuannya dia ke gue itu lebih dari temen, tapi kenapa sikap dia begitu ya ke gue? Nggak tau juga sih mungkin gue terlalu banyak berharap ke dia kali ya. Terus makin kesini kita makin ngejauh, udah jarang kabar-kabaran dan jadi awkward kalo ketemu langsung. Gue jadi mikir apa emang dia nggak suka aja kali sama gue, gara-gara gue miskin hahaha.”

“Waduh parah amat. Jadi lo kayak kena friend zone gitu ya? Hmm”

“Yaa kurang lebih sih gitu. Terus setelah kita udah ngejauh satu sama lain gue denger-denger dia udah punya cowok baru.”

“Hahahaha gilaaa… Gak nyangka gue cewek kayak Clara bisa begitu kelakuannya… Terus apa yang lo lakuin?”

“Ya gue nggak bisa ngelakuin apa-apa. Emang gue siapanya dia? Kan itu semua keputusannya dia. Gue cuma berusaha ngilang dari kehidupannya. Dan itu merupakan fase terberat dihidup gue. Kalo buat dia sih kayaknya mudah aja buat ngilangin gue dari kehidupannya dia.”

Aku hampir meneteskan air mata karena mendengar ceritanya Sonde yang pahit sekali. Kalo diliat-liat Sonde nggak jelek-jelek amat kok, aku berusaha positif thinking kalo Clara itu orangnya realistis, dia ngeliat cowok dari uang, tongkrongan, dan kendaraan. Nggak salah emang sih, cuma kalo ngeliat dari usahanya Sonde rasanya nggak adil aja kalo dia dapet hasil yang nggak sesuai dengan ekspektasinya dia. Ternyata informasi yang aku harapkan dari berusaha mengendap-ngendap kesini itu lebih banyak dari harapanku. Nggak nyangka aja Sonde pernah punya pengalaman yang lumayan bikin ngilu hati sama Clara. Ohiya aku hampir lupa tujuan ku datang kesini.

“Eh terus Clara ada dimana? Kenapa dia nggak keliatan belakangan ini”

Tanyaku, kebingungan.

“Clara lagi ikut liburan sama keluarganya ke Bali. Harusnya sih minggu ini udah pulang, tapi gara-gara dia disengat ubur-ubur pas berenang di pantai, jadi dia harus dibawa ke rumah sakit, mungkin minggu depan baru pulang dan lo bisa ketemu lagi sama dia hahaha.”

Kata Adit Colo sambil nyeruput kopi susu yang udah agak dingin.

“Ehh… kok lo tau? Emang lo siapanya dia?”

Tanyaku, makin kebingungan.

“Gue sepupunya dia. Emang lo pikir gue siapanya dia hah?”

“Ehh… nggak kok. Gue nggak nyangka aja Clara bisa sepupuan sama pala charger.”

“Hahaha sialan lo… ini lo percaya apa masih ngira gue boong? Kalo lo masih nggak percaya nih gue telpon ya orangnya.”

Aku panik seketika.

“Nggak usah ah… nggak enak gue… bingung mau ngomong apaan.”

Padahal dalem hati, ‘asiikkkk!!! bisa telponan sama clara… aku mau ngomong kalo aku kangen banget sama dia… akhirnya kesempatan itu datang juga… aku nggak sabar nih hihihihi’

“Tinggal ngomong aja yaelah… tunggu bentar.”

Aku lihat Adit Colo sedang mencari sebuah kontak di handphonenya yang pastinya itu kontaknya Clara bukan kontak badut sulap.

Adit Colo memberikan handphonenya ke aku dan memberikan isyarat kalo telepon nya sudah tersambung dan aku disuruh berbicara secara langsung.

Aku mengambil handphonenya dan mendekatkanya ke telinga kananku, sekelibat terdengar ada suara yang menyapa.

“Halo…”





-bersambung-

No comments:

Post a Comment