Friday 31 January 2014

CINTA SANDWICH ISI TUNA (2)



Sepulang sekolah gue masih gak berani makan atau nyolek sedikitpun Roti itu. Mungkin karena gue sangat menghargai apa pun pemberian dari orang yang gue sayang. Gue jadi inget saat pertama kali kita kenal deket. Saat itu pada pergantian jam pelajaran KKPI, gue sengaja jalan belakangan supaya bisa minta nomor hp-nya tanpa ada anak – anak lain yang tau. Dengan rasa penuh keberanian dan mata yang ber-api-api, gue beranikan diri untuk langsung meminta nomor hp-nya. Awalnya dia emang nolak dengan alasan tangannya kotor karena abis makan Soto pake tangan. Agak jorok sih, tapi yaudahlah.

Dengan muka yang tidak yakin akhirnya dia menyebutkan nomor hp-nya. Tentu saja gue langsung menuliskan dengan teliti setiap nomor yang dia sebutkan. Yes! Akhirnya gue dapet nomor hp-nya. Gue ngerasa gue adalah laki – laki paling beruntung saat itu. Dan gue juga ngerasa ini adalah awal dari kata ‘suka’ menjadi ‘cinta’.

***

Sms demi sms terkirim. Balasan demi balasan gue terima. Gue ngerasa nyaman saat kita berkomunikasi tanpa bertatap muka. Namun entah kenapa gue ngerasa canggung saat kita bertemu di sekolah. Gue cuma bisa mencuri – curi pandang, memberikan sinyal setiap kali tatapan kita bertemu, sampai mengirim surat lewat burung. Padahal kita satu kelas.

Tidak ada pena yang bisa melukiskan gimana keadaan hati gue saat itu. Mungkin cuma kata ‘aku sayang kamu’ yang gue selipkan tiap gue mengirimkan ucapan selamat malam untuk menghantar tidur dan menghilangkan sedikit insomnia yang dia derita. Andai saja waktu bisa diulang.

***

Masa di SMK emang indah. Namun semua akan menjadi Busuk jika rasa bersalah terus bersarang di hati kita. Cuma kesalahan kecil bisa ngebuat kita pecah menjadi 2 arah yang tak lagi sama. Pahit emang, namun yang gue tau gak ada hal yang sia – sia di dunia ini. Nasi sudah menjadi bubur pun masih bisa dimakan. Gue gak nyesel bisa deket sedeket waktu itu sama lo. Terimakasih banyak.

***

Gimana curhatan gue? Lebay ya.. hahahaha... Ya yang namanya Flashback emang gak enak. Yang enak tuh pagi – pagi dibeliin bubur ayam pake sate usus. #gaknyambung

Balik lagi ke topik awal nih.

Topik saya bundar..

Bundar topik saya..

*hening*

***

Karena gue gak kuat nahan lapar, akhirnya gue ngeberaniin diri buat makan Sandwich itu dengan penuh perasaan. Gue gak mau makan sendirian, gue tawarin nyokap gue, dia gak mau, gue tawarin adek gue, dia lebih milih ngegadoin kerupuk gendar 3 tahun lalu. Maklum adek gue calon atlet angkat besi, jadinya harus makan yang ‘keras – keras’.

Nyam – nyam.
Gak kerasa 2 potong Sandwich Isi Tuna udah gue habiskan dengan brutal. Yang tersisa cuma daun selada. Entah sengaja atau tidak, atau Cuma perasaan gue doang, atau kebetulan, atau jawaban a, b, dan c benar. Gue ngeliat selada yang dia potong menjadi 2 itu membentuk suatu simbol. Yaitu simbol Yahudi Love/Cinta. Cieelahhhhh.... ahayahayahay.

Dan sampe sekarang gue menganggap bentuk dari selada itu hanyalah ‘Kebetulan’ semata.

Saking sayangnya gue sama tuh Roti, selesai gue makan, gue cuci tempat plastik pembukusnya, gue keringin, lalu gue Bakar simpen di lemari buku gue. Sayang sama pemulung barang plastik beda tipis.

Karena nyokap orangnya sangat cinta sama kebersihan
(TERUS AKU ANAK SIAPA MA..??!! *nangis di pojokkan*) suatu siang gue pulang sekolah dan gue mendapati tempat plastik Sandwich yang gue sayang – sayang hilang entah kemana.

*Jeng - jeng*

Gue pergi nyari nyokap gue, di kamarnya gak ada, di dapur gak ada, ternyata dia lagi ngambil layangan di atas pohon. Awalnya gue mau nyambit dia pake batu soalnya gue ngira dia siluman monyet yang mau ngambil mangga di pohon depan rumah gue.

‘ngeliat tempat plastik yang di lemari buku alif gak?’
Ucap gue sambil masih megang batu karena gue belum yakin dia itu nyokap gue.

*nyokap gue turun sambil salto dan masih membawa layangan lengkap dengan benang gelasan di tangannya*

‘udah ibu buang.. lagian ngapain sih nyimpen – nyimpen tempat plastik begitu? Sejak kapan kamu jadi pemulung? Sekolah dulu yang bener...’

Gue gondok setengah mati.

***

Pada akhirnya segala sesuatu yang kita sayangi akan kembali pergi dan menghilang tanpa kita sadari. Tapi kapan semua itu terjadi? Mungkin hanya waktu yang mampu menjawab. Dari cerita Sandwich Isi Tuna, gue belajar banyak hal, Cinta lama hanya akan menghiasi lembaran lama. Ikhlas hanya salah satu kata untuk meninggalkan. Dan mengerti akan terus menjadi obat penyembuh segala keraguan.

No comments:

Post a Comment