Friday 31 January 2014

CINTA SANDWICH ISI TUNA



Karena ini tulisan pertama gue disini, gue pengen kayak orang – orang, gue mau ngasih Biodata gue.

Kalo ngomongin tentang Biodata Personal, gue selalu inget biodata – biodata anak kecil yang isinya Artis Favorit, Warna Favorit, Makanan Favorit, sampe Makan Kaporit.

Untungnya gue waktu kecil enggak kayak begitu.

Makanan favorit gue dari dulu sampe sekarang yaitu Roti. Saking sukanya sama Roti, kalo gak ada lauk di rumah, Roti pake Bawang Putih pun gue makan. Disamping untuk memberikan kepuasan untuk perut gue, juga untuk mengusir Vampir yang suka dateng malem – malem di Beranda fesbuk gue (re:anak – anak alay).

***

Pas kelas 1 SMK gue pernah dibikinin Roti Sandwich Isi Tuna dengan selada yang menjulur dengan indahnya oleh Temen Perempuan gue di kelas.

Sebenernya gue agak maksa sih mintanya bukan dibikinin hehehe..

oke lupakan.

Gue inget banget waktu itu gue Ngerengek – ngerengek kayak anak kecil yang minta mainan di deket Puskesmas sama Ibunya. Cuma bedanya cara gue minta agak sedikit Maskulin, Cool, dan Penuh Wibawa. Padahal Cuma minta dibikinin Roti.

Singkat cerita suatu pagi permintaan gue dikabulkan. Senang riang hari yang kunantikan kusambut Hai pagi yang cerah.. Horeee... gue tereak, gue bersorak kegirangan, lalu ada banyak balon dan Cheerleders di belakang gue  *lebay

Gue juga inget waktu itu dia enggan memberikan langsung hasil masakannya itu ke gue, melainkan lewat temen se-mejanya. Biarpun rada kecewa namun tidak menghilangkan Romantisme yang gue dan (mungkin) dia rasakan.

Gue senyum sambil menerima sekotak Sandwich yang dia bikin. Dia tersenyum lebar dan matanya seraya berkata, ‘dimakan ya, ini aku bikin spesial buat kamu’. Lalu mata kita bertemu. Nempel. Lepasin Woy Lepasin. Romantis sekali.

Gue nerima Sandwich Isi Tuna itu dengan tenang (padahal mah udah mau kencing di celana). Satu – satunya kata yang gue ucapkan saat itu yaitu, ‘makasih ya’. Dia kembali senyum dan pergi perlahan dengan melambai. Kita seakan terhipnotis sesaat dan berharap waktu berhenti sejenak untuk kali itu saja.

‘ wih enak tuh bro, roti dari siapa?’
Kata temen gue pura – pura bego (padahal emang bego)

‘hehe ini gue dikasih...’

‘oh.. ciye...’

‘hehe’
Tawa kecil gue seakan tidak cukup mewakili betapa bahagianya gue saat itu.

Ternyata gue baru sadar kalo gue di perhatiin satu kelas.

‘ciyee... dikasih siapa tuh?’
Kata salah satu anak dikelas.

Gue diem nahan malu.

Dia diem nahan senyum.

Temen gue diem nahan berak.

***

Bel istirahat berbunyi, gue mencuri – curi waktu untuk makan Sandwich buatannya, walaupun sebenernya gue gak tega makan sedikitpun. Seandainya makanan gak akan pernah basi, gue pasti gak akan makan sekalipun gue lapar dan gak ada makanan lain di dunia ini. Kecuali ada tukang somay lewat di depan rumah gue.

Gue ngeliat sekeliling, ternyata diam – diam dia mengamati gue. Gue curiga, pas tadi gue berak di parkiran, diam – diam dia melihat gue dari sela – sela pintu kayu yang udah bolong. Fak gue harus sewa Bodyguard.

Gue sadar dia merhatiin ekspresi gue. Agar terlihat menjiwai, di benak gue cuma kebayang Host di acara – acara Kuliner yang lagi nyobain makanan banyak banget tapi cuma dicicip bumbunya doang.

Gue gak mungkin ngelakuin cara itu. Terlalu beresiko dan bisa ngebuat dia ngambek guling – gulingan di tengah lapangan.

Gak kebayang kalo dia beneran ngambek guling – gulingan dan mengais pasir sambil berkata, ‘KENAPA SANDWICH BUATAN AKU CUMA DIMAKAN PINGGIRANNYA DOANG..??!!’

Oke itu yang akan gue lakuin.

Gue ambil Roti itu dari tempatnya. Gue makan pinggiran Rotinya. Mata gue merem – melek tak menentu. Hidung gue kembang kempis. Mulut gue maju mundur. Kepala gue muter – muter tidak ter-arah. Oke ini lebih kayak trio macan kena rabies.

Maknyuss...

Gue kembali menaruh Roti itu ke tempatnya dan menutupnya dengan rapih. Dengan ekspresi trio macan kena rabies ini sepertinya gue berhasil membuat dia bahagia dan tersenyum puas akan hasil masakannya yang dia kasih ke gue.

***

Waktu berjalan cepat. Tanpa sadar bel pulang sekolah berbunyi. Gue tau persis apa yang terjadi tadi. Dan gue tau, gue gak akan ngelupain kejadian hari ini. Selamanya.

No comments:

Post a Comment