Tuesday 23 September 2014

SETITIK ROMANSA DI BULAN RAMDHAN (2)

“Bukannya ingin berpikiran negatif, tapi ternyata setiap orang punya topengnya masing-masing. Ia berganti-ganti peran sesukanya. Sementara aku belum cukup cerdas untuk mengerti kenampakan aslinya. Aku hanya melihat segala hal yang ia tunjukkan padaku, tanpa pernah tahu apa yang sebenarnya ada di dalam hatinya.”

Keadaan semakin membuat gue untuk memilih diantara 2 pilihan. Pilihan pertama, gue akan bertahan walau seakan semesta berusaha memisahkan gue dan dia, pilihan kedua, gue akan menyerah walau sebenernya dalam setiap menjelang tidur, mimpi, bahkan ketika gue membuka mata dia masih terasa dekat, seakan gak mau lepas dari hati gue, bahkan pikiran gue udah berusaha gak nginget-nginget lagi apapun yang terjadi kemarin.

Gak kerasa udah hampir setahun. Masalah bukan cuma ada di hubungan yang gak jelas ini, tapi juga di Ujian Nasional, Ujian Sekolah, dan ujian-ujian lain. Ditambah lagi tekanan ada dimana-mana, guru, teman, sampe keluarga. Sekarang memang udah harus ada yang dikorbanin, gak bisa semua masalah ini ada terus-terusan di kepala gue.

Dan salah satu yang harus gue korbanin itu ya hubungan ini. Lagian komunikasi kita udah jarang banget, sekali pun kita sekelas, cuma sebisa mungkin gue menghindar, dan gue rasa dia juga menghindar, kalaupun ada komunikasi ya cuma sesuatu yang penting aja, kayak kenapa ada salah satu guru kita yang kumisnya LDR, yang kiri ada di atas bibir, dan yang kanan ada di samping kuping.

Bulan Ramadhan mempertemukan kita lagi. Iya, kita masih dipercaya oleh teman dan wali kelas untuk mewakili kelas dalam lomba peragaan busana muslim/muslimah. Awalnya gue udah gak mau, dan teman-teman udah punya pilihan lain untuk nge-wakilin kelas. Dan bener dugaan gue, calon yang udah dipilih itu gak mau, katanya sih malu kalo harus jalan berdua sambil melenggak-lenggok dan sedikit melambai di atas panggung. Kenapa harus malu? Gue aja mau.

“Duh gimana nih pada gak ada yang mau, lo aja lagi deh lif sama dia...”
Kata seorang teman yang sudah mulai frustasi.

“Yaelah masa gue lagi... Yang laen kek, lagian juri juga bosen ngeliat gue mulu.”
Kata gue yang baru sekali ikutan lomba.

“Iya, gue juga gak mau ah... Yang lain aja deh, masa gue mulu.”
Kata dia yang tiap tahun nge-wakilin kelas buat ikutan lomba peragaan busana muslim/muslimah, dan ini tahun ke tiga nya.

Satu kelas mendadak diem. Dan gue rasa mereka butuh waktu dan bantuan wali kelas untuk menentukan siapa aja yang mewakilkan kelas untuk perlombaan nanti. Dalam hati gue berpikir, kenapa ya harus gue sama dia lagi?Gue pun mencoba menelaah dari awal, dan gue menemukan 3 titik benang merah.

Yang pertama kalo gue pikir, sebelum dipasangin sama gue kan dia dipasangin sama temen gue, yang notaben nya gue nggak ditawarin buat ikutan lomba itu. Mungkin karena gue waktu itu pendiem banget, suka pake switer sama headset kemana-mana, ya perasaan gue sih waktu itu gue keren banget, padahal kalo gue sadar waktu itu gue kayak agen rahasia, pembunuh bayaran yang ternyata punya keterbelakangan mental dan bingung dengan orientasi seksualnya dan lagi menyamar jadi agen gas elpiji sama aqua galon. Ya jelas lah kalo mereka lebih milih temen gue yang sifatnya periang, terbuka, dan suka tertawa meski tidak ada yang lucu.

Yang kedua, mungkin karena mereka kurang puas dengan hasil perlombaan tahun petama, ya maklum aja, kelas kita tidak mendapatkan posisi 3 besar dalam perlombaan busana muslim. Makanya mereka melirik gue untuk menggantikan posisi laki-laki yang ditempati oleh temen gue itu. Dan hasilnya gak usah ditanya, kita langsung mendapatkan juara 2 seperti yang gue udah tulis di catetan sebelumnya.

Yang ketiga, gue rasa mereka kehabisan calon peserta, maklum kelas gue cuma terdiri dari 21 perempuan dan 7 laki-laki. Selain kehabisan calon peserta, mungkin mereka ingin mempertahankan gelar dan ingin memperbaikinya, dan istimewanya, mereka menunjuk gue untuk diberikan amanat ini. Asik.

Setelah menemukan jadwal yang cocok, akhirnya kita mengadakan rapat dengan wali kelas. Yang intinya rapat itu berisi tentang calon peserta yang ditunjuk untuk berpartisipasi pada kegiatan lomba. Dan hasilnya sudah bisa ditebak, mereka gak ada yang mau. Sebenernya kenapa sih? kan kita ini mantan juara umum tahun lalu, harusnya kita lebih pede dan lebih siap. Asik.

Gue pun diberikan amanat untuk mewakili kelas dalam lomba menulis kaligrafi lagi, bersama salah satu temen perempuan gue di kelas yang jago gambar. Meskipun tiap kali gue ngeliat gambarnya dia selalu ngegambar tudung saji banyak banget yang belakangan gue tau kalo itu gambar perempuan lagi pake jilbab, dan dia namain tiap gambar perempuan itu dengan nama temen-temen nya dikelas. Gue mau banget sebenernya ngetawain gambar dia, tapi apa kabar gambar kaligrafi gue satu tahun lalu? Yang penting juara 2 HAHAHA!

Masalah terjadi ketika pemilihan calon peserta busana muslim dan muslimah. Gak ada satupun yang mau ngegantiin posisi gue sama dia, sekalinya ada orangnya ragu-ragu, ada lagi ide gila, mungkin saking putus asa nya mereka mau lomba busana muslim ini yang meragain itu perempuan dua-dua nya. Cuma untungnya wali kelas gak nyetujuin ide gila itu, dia lebih memilih gue dan dia yang maju lagi dalam perlombaan ini.

Akhirnya mau dikatakan apa lagi, gue udah terpojokkan dan gak bisa berbuat apapun.

“Udah ya, ini keputusan terakhir. Pokoknya kamu sama dia yang nge-wakilin kelas buat lomba nanti. Titik.”
Kata wali kelas seraya mengetukkan palu yang menandakan keputusannya tidak bisa diganggu gugat.

“Iya bu...”
Kata gue tertunduk lemas.
Padahal dalem hati “Huahahahaha...!!! Akhirnya gue dipilih lagi... Yiha!”

Dia yang cuma diem dan gak berekspresi membuat gue susah menebak apakah dia tidak senang, ataukah dia tambah tidak senang. Entahlah, namun ada yang beda karena kali ini wali kelas gue gak memberikan gue sedikit uang untuk merayu gue yang sebenernya udah nunggu kesempatan ini jauh-jauh hari.

Dia masih diem. Gue sedikit membaca gestur tubuhnya dan gue rasa dia lagi dihadapkan 2 pilihan sulit. Antara gak berani nolak perintah wali kelas dan gak enak sama temen-temen yang lain terutama sama gue. Tidak lama kemudian akhirnya dia menggonggong mengangguk tanda dia menyetujui ajakan atau lebih tepatnya paksaan dari wali kelas. Dan satu kelas pun meng-amin-i tanda kita sah menjadi pasangan, satu hari (lagi).

Gue berusaha membuka percakapan setelah wali kelas pergi meninggalkan kelas.

“Gimana nih, katanya lo gak mau buat ikutan lomba lagi?”

Note: Buat lo yang kalo di sms/chat ngomongnya pake aku-kamu, terus pas ngobrol langsung ngomongnya pake lo-gue. Gue paham perasaan kalian.

“Iya nih gak tau. Gue juga males sebenernya...”

“Yaudah terus gimana, mau gak jadi aja nih? Nanti gue yang ngomong deh sama wali kelas”

Gak ada lagi kata-kata yang terlontar dari mulutnya, gue juga jadi ikutan diem, lebih tepatnya bingung sendiri. Di titik ini gue ngerasain lagi gak enaknya jadi cowok, semua keputusan ada di tangan gue. Mungkin gue bisa nerima apapun keputusan yang gue buat, tapi dia? Gue gak yakin kalo dia nerima sepenuh hati kalo misalnya yang gue omongin gak sesuai yang dia harapkan.

“Enggak. Gak usah. Lagian kita udah kelas 3, pede aja...”

Gue cuma senyum.

Berusaha nepatin janji gue tahun kemarin, satu hari sebelum perlombaan dimulai, gue memutuskan untuk membeli bunga mawar yang asli. Gue ditemenin sama temen gue, dia orangnya lebih pendek dari gue, kalo lagi ngomong lidah sama gusi kayak lagi tawuran, dan agak imut-imut gitu kayak abg jaman sekarang (note: imut = item mutlak). Kebetulan sehari sebelum perlombaan dimulai emang keadaan kelas lagi dibebasin dengan alasan banyak yang mau latihan untuk perlombaan besok. Tapi dia gak gue kasih tau kalo gue mau beli bunga mawar buat dia. Akhirnya gue minjem motor temen gue, belakangan gue tau kalo gue salah minjem motor, karena motornya dia itu motor semi Harley, yang stangnya setinggi pemain basket. Agak ribet bawanya, cuma gue agak tenang karena yang bawa motor itu temen gue. Satu kesalahan yang temen gue lakukan adalah dia gak pake deodoran, jadinya sepanjang jalan gue mau gak mau nyiumin bau bangke tikus yang kayaknya nempel di ketek temen gue.

Beberapa belokan dan putaran terlewati, gue hampir pingsan. Akhirnya kita sampe di tempat tujuan, gue sekarat. Wangi bunga yang dijual disitu gak kecium dan gue perhatiin udah mau layu gara-gara kehabisan oksigen. Karena keadaan yang semakin chaos ini, gue nyuruh temen gue itu buat nunggu di motor aja, gue gak mau harus beli semua bunga di situ karena bunganya hampir mati secara tidak wajar.

Gue masuk ke toko itu lagi, melihat-lihat, mengamati, kira-kira bunga apa ya yang cocok buat dia. Pilihan pertama pasti jatuh ke bunga mawar warna merah. Yang gue tau warna merah melambangkan keberanian, dan yang gue tau dia orangnya pemberani. Gue pernah waktu itu lagi main di sungai dan tiba-tiba ada seekor buaya ingin menggigit gue yang gak ada dagingnya ini, gue menjerit seperti perempuan, dan seketika dia lompat dan langsung menunggangi buaya itu sambil guling-gulingan. Belakangan gue tau kalo gue lagi mimpi.  (ini analisa paling ngasal. Maaf ya *salim)

Gue ngambil bunga warna merah itu, memilih bunga yang paling bagus tentunya. Dan pilihan kedua jatuh pada bunga mawar berwarna putih. Yang gue tau warna putih itu melambangkan kesucian, dan yang gue tau dia orangnya religius banget, kalo di tangannya ada laler dia langsung wudhu, kakinya nyentuh ubin yang kotor dikit dia langsung wudhu, bahkan saking gak mau kotornya dia sholatnya di tempat wudhu. (ini lebih ngasal lagi. Maaf ya *salim)

Belum lagi pas sms-san. Saking religius nya, gue pernah nanya begini:

“Udah lama nih gak ketemu, kamu rindu gak sama aku?”

Terus dia malah jawab

“Aku lebih rindu bulan Ramadhan.”

Saking penasarannya, akhirnya gue sampe nanya begini:

“Kamu cinta gak sama aku?”

Terus dia jawab

“Tapi aku cinta rosul.”

“KAMU SULIS?!”

Gue ambil dua bunga itu, gue kasih ke mbak-mbak penjaga toko bunga nya. Baru mau ngeluarin dompet, tiba-tiba mbak nya nanya satu pertanyaan yang hampir gue lupa.

“Ini bunganya mau di kasih plastik sama pita gak, mas?”

OH IYA! Hampir lupa gue, ini kemungkinannya cuma ada 2, yang pertama mbak-mbak nya bisa baca pikiran gue, yang kedua mbak-mbak nya perhatian sama gue. Tapi gue yakin bukan dua-dua nya sih, soalnya emang biasanya orang yang beli bunga di kasih plastik sama pita, gue aja yang ke-geer-an.

“Iya boleh mbak...”

Seiring mbak-mbak toko bunganya membungkus dan memberikan pita satu persatu pada bunganya, gue pun membayangkan gimana ekspresi dia saat gue kasih bunga itu. Pasti dia kegirangan, salto, nendangin orang..... eh, gak segitunya deh, paling cuma teriak-teriakan.

Gue bayar bunganya, tapi sayang gue gak dikasih kantong kresek buas bungkus bunganya. Gue takut bunga itu gak selamat sampai tujuan, belum sempat dia ngeliat, bunganya udah mati kehabisan oksigen. Oke, gue harus nyari masker buat bunga gue untuk melindungi dari sengatan bau ketek temen gue yang mematikan itu.
Gue sampe tempat tujuan yang tidak lain dan tidak bukan adalah sekolahan gue. Disitu gue sedikit bersyukur karena bunga gue selamat dan masih utuh. Gue langsung sujud syukur dan bergegas menuju kelas. Diluar dugaan gue, ternyata temen gue ber-inisiatif untuk membawa bunganya sampe ke lantai 3 (kelas gue ada di lantai 3). Gue yang udah seneng mau ngasih langsung bunga itu ke dia, malah temen gue yang ngasihin, dan gue cuma bengong. Musnah sudah harapan gue.

Gue sempet mau nyemprotin deodoran ke mata temen gue yang kurang ganteng ajar itu. Tapi gak jadi karena dia dan temen-temen lain percaya kalo gue yang beli bunga itu.

Sebelum ini, sama seperti tahun kemarin kita berdiskusi tentang baju apa yang cocok kita kenakan untuk lomba nanti. Nyokap gue kembali campur tangan, dan katanya saat itu, baju yang kita pakai tidak harus yang ribet-ribet, yang simple tapi tidak ribet, karena yang ribet tidak akan terlihat simple, atau jangan yang ribet-ribet simpel, sama jangan yang simpel-simpel ribet, ya mungkin yang simpel tapi sedikit ribet, dikit aja tapi.

Setelah menghabiskan 3 jam dan cuma membahas simpel dan ribet, akhirnya perpaduan warna yang kita pilih adalah warna Coklat dan Hitam. Kenapa coklat dan hitam? Karena coklat warnanya hitam. Ada juga coklat warna putih, tapi terlalu bikin enek kalo dimakan kebanyakan. Kenapa gak ada coklat yang warnanya coklat? Dan kenapa kita jadi membahas coklat? Gue juga gak tau.

Baju, bunga, dan persiapan yang didasari dengan -Pede aja, kita udah kelas 3- pun sudah selesai. Lombanya masih besok dan gue deg-deg’an nya semaleman. Gue sampe gak bisa tidur kalo belum ngantuk, gak bisa makan kalo belum lapar, dan gak bisa berak kalo belum mules. Tapi lo harus tau, mental -pede aja, kita udah kelas 3- gak bikin rasa nervous gue gak berkurang sedikit pun. Untuk menghilangkan sedikit rasa nervous gue mencoba mengirimkan pesan singkat ke dia.

“Gimana nih besok, udah siap?”
Sent.

“Udah, pede aja, kita udah kelas 3, emang kenapa? Nervous ya? hehehe”

Kampret! Kok dia bisa tau? Apa jangan-jangan tulisan gue agak sedikit bergeter jadi dia tau kalo gue lagi nervous?

“Hehe iya nih... Kurang pede aja, persiapannya minim soalnya. Tapi yakin menang gak nih?

“Menang apaan?! Ngapain sih lo sms gue tengah malem?!”

Ternyata gue salah kirim.

Saking nervous nya.
Gue kirim ulang sms nya.
Sent.

“Yaaa... Gimana yah... Gak terlalu yakin juga sih, kan kita udah kelas 3, saingannya pasti berat-berat.”

“Hehehe iya juga ya... Yaudahlah lagian kita juga udah usaha, apapun hasilnya ya diterima aja.”

3 menit gue tunggu, gak ada balesan.

5 menit gue tunggu, belum ada balesan

10 menit gue tunggu, masih belum ada balesan.

Akhirnya gue cuma berpikir “Ah mungkin udah tidur”

Momen seperti ini sebenernya yang paling gue kangenin. Ketika kita saling berikirim pesan sampai dia terlelap tidur. Gue percaya banget kalo gue menjadi satu-satunya orang yang masih berkomunikasi sama dia sampe dia tidur.Bahkan sampai lupa waktu dan gak pernah kehabisan bahan untuk menjadi obrolan. Mimisan setiap malem, dapet giliran nyuci baju malem-malem, selalu masak buat keluarga setiap malem minggu. Gue pernah ada di dalamnya, merasakan bulatnya rindu, yang tak berujung.

Esok hari tiba, seperti biasa gue terlambat. Gue dateng memakai baju muslim warna coklat dan celana jins warna hitam. Di dalam tas gue udah bawa peci hitam dan kain sarung baru berwarna biru, entah kenapa gue ber-inisiatif membawa kain sarung warna biru yang jelas-jelas warnanya gak nyambung sama pakaian gue. Tidak seperti biasanya, di pintu gerbang tidak ada guru piket yang menjaga, jadilah gue dengan setengah berlari menaiki anak tangga dan menuju ke kelas. Sesampainya di kelas, gue melihat dia yang sudah cantik dengan kerudung berwarna coklat, baju berwarna hitam, dan rok bermotif batik sedang ngobrol dengan beberapa teman perempuan. Gue yang masih ngos-ngosan kaget ngeliat dia dan dia yang ngos-ngosan karena lagi ngobrol juga kaget ngeliat gue. Entah apa yang ada dipikiran gue, gue cuma setengah tertawa melihat dia sambil menaruh tas dan mengambil al-quran karena di masjid sudah sedang melakukan tadarus al-quran. Tanpa bicara gue langsung cabut ke masjid sambil berpikir  “Itu tadi siapa ya?”

Tadarus selesai, saatnya perlombaan. Gue yang kali ini jalannya agak sedikit santai karena sedang asik ngobrol dengan beberapa teman menaiki anak tangga satu persatu. Sesampainya di kelas, gue gak ngeliat dia dimanapun. Gue nyari ke sudut-sudut kelas, ke kolong meja, sampe ke lubang ventilasi, gak ada. Jangan-jangan dia udah pulang karena gue tadi gak ngenalin dia. Tapi untung ada temen gue yang ngasih tau kalo dia lagi di perpustakaan. Dipikiran gue cuma 1 “Oh mungkin lagi nyari-nyari buku tentang gimana cara jalan yang baik saat di atas panggung”.

Dua puluh menit sebelum perlombaan gue gak melihat dia dimanapun. Gue udah turun ke aula untuk bersiap-siap. Gue kembali ngeliat-liat calon saingan gue, semuanya bagus-bagus, dari kelas 1 sampe kelas 3, yang perempuan pakaian sama jilbabnya bagus-bagus, yang laki-lakinya baju muslimnya bagus-bagus, malah cenderung seperti fashionista level perlombaan. Gue ngeliat pakaian gue lebih mirip gembelnista, gue gembel dan gue nista.

Sepuluh menit sebelum pertandingan akhirnya dia turun bersama satu orang temannya. Agak berbeda ketika gue ngeliat dia dikelas dan saat dia turun untuk ikut perlombaan. Yang gue perhatiin model jilbabnya jadi lebih variatif dan make up nya yang lumayan tebel, ya kira-kira 10 halaman lah. Ternyata dia di perpustakaan itu bukan nyari buku, melainkan dia di dandanin oleh penjaga perpustakaan di sekolah gue yang notabennya adalah juri perlombaan nanti. Gue mulai mencium adanya konspirasi disini.

“SUIT SUWIW! GILAK! CANTIK BANGET!”

“EH ADA BIDADARI TURUN DARI SURGA NIH... BENING BANGET...”

“HANJIIRR... KALO TAU GITU MENDING GUE AJA DEH YANG IKUTAN LIF! HOKI BANGET LO...!!!”

Ucapan itulah yang terdengar saat dia lewat dan memecah suasana. Gue cuma diem dan setengah tertawa menanggapi omongan temen-temen gue, padahal dalem hati, “HAHAHAHA!!! MAMPUS LO!!! NGECAT ES BATU AJA SANA!!!”

Dia gak langsung nyamperin gue, melainkan ke ruang guru. Dan setelah beberapa lama, gue dipanggil sama satu temennya yang tidak lain dan tidak bukan adalah tim sukses untuk perlombaan ini 2 tahun terakhir. Gue pun menuruti perintahnya dan ucapan inilah yang gue bilang ke dia pertama kali.

“Gak salah nih?”

Dia cuma senyum dan temennya mukul pundak gue.

Disitu barulah kita berlatih. Gerakannya pun tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Tidak ingin berlama-lama, akhirnya kami pergi bergegas menuju ke tempat perlombaan. Disana masih banyak teman-teman yang perhatiannya masih tertuju ke dia, yang tatapannya seolah-olah berkata “Gila, cantik banget...” dan ketika ngeliat gue tatapan mereka berubah menjadi tatapan -sumpe lo- yang seolah berkata “Ini ngapain supirnya ikut-ikutan?”

Kami duduk menyaksikan seorang guru yang merangkap menjadi mc menerangkan peraturan perlombaan. Tapi gue gak terlalu merhatiin, soalnya gue udah fokus sama gerakan yang jangan sampe gue lupa itu. Ditambah lagi mental -pede aja, kita udah kelas 3- yang bikin gue tambah keringet dingin.

“Yak silahkan calon peserta untuk mengambil nomor yang sudah disediakan”

Belajar dari tahun kemarin, gue gak mau salah ngambil nomor lagi. Gue langsung maju dan mengambil nomor yang mana aja, gak pake feeling gak pake prediksi. Akhirnya tangan gue menentukan kalo gue mendapatkan nomor 6.

Semua peserta di persilahkan keluar ruangan dan berbaris sesuai dengan nomor masing-masing. Ada yang berbeda di tahun ini, bedanya adalah kita boleh memilih lagu apa yang akan mengiringi kita sewaktu di atas panggung. Saran dari teman-teman lagu yang cocok mengiringi kita adalah lagunya Bruno mars yang judulnya stasiun balapan Marry you. Saat itu gue meng-iya-kan aja semua perkataan mereka.

Semuanya berjalan lancar sampai peserta ke tujuh turun panggung. Petaka datang ketika peserta nomor urut lima menggunakan lagu nya Bruno Mars yang Marry you untuk mengiringi mereka, yang tidak lain dan tidak bukan adalah pilihan temen-temen gue.

Gue kebingungan, gue nanya ke dia, dia juga kebingungan, gue nanya ke penjaga sekolah, dia ikut kebingungan. Tapi untung gue punya temen-temen yang bisa meng-handle masalah musik yang rumit ini. Mereka bilang “Udah semuanya aman” dan gue meng-iya-kan saja tanda semua urusan musik gue serahkan ke mereka.

“Ini dia, mari kita sambit sambut peserta dengan nomor urut 9”

Mental -pede aja, kita udah kelas 3- kini sangat di pertaruhkan. Musik sudah dipasang, kita pun berjalan menuju panggung.

“...DEG DEG...”

“...DEG DEG...”

Kita berjalan perlahan, bergandengan seakan semua gerakan sudah hafal diluar kepala. Mental -pede aja, kita udah kelas 3- ternyata sama sekali gak berpengaruh buat gue, gue tetep gemeteran, keringet dingin, dan hampir buang air besar di celana. Gue ngelirik ke arah dia, ternyata dia tidak terlihat grogi sama sekali. Oke, gak ada pilihan lain, gue harus berani.

Dejavu saat kita menaiki panggung. Bagaikan raja dan ratu, kita melambaikan tangan dan diiringi sorak sorai penonton yang seperti menantikan kehadiran kita sejak 20 menit yang lalu. Dan bener dugaan gue saat itu, gue salah gerakan. Harusnya masih ada satu gerakan lagi di pojok panggung, eh gue malah udah maju duluan saking buru-buru nya. Gue kebingungan, ngeliat ke belakang dia masih asik pose-pose memamerkan bajunya. Gue yang udah terlanjur maju cuma diem nahan malu gara-gara salah gerakan. Akhirnya dia maju nyamperin gue sambil ketawa geli banget. Kampret.

Buat ngilangin malu, langsung aja gue ngeluarin bunga di kantong belakang gue dan langsung berlutut buat ngasih bunga yang udah gue siapin. Gue kasih bunga itu sambil menatap dalam ke matanya, dan dia nerima bunga itu sambil masih ngetawain gue. Seperti tahun kemarin, keriuhan penonton paling keras adalah saat gue dan dia maju. Tanpa berlama-lama akhirnya kita memberikan salam terakhir dan langsung turun dari panggung.

Gue agak bete sebenernya. Cuma pas ngeliat dia ketawa geli begitu, gue terenyuh. Gue jarang banget ngeliat dia ketawa selepas itu.

Acara selesai, temen-temen yang lain udah pada bubar. Gue sengaja gak pulang buru-buru, bukan karena gue gak punya ongkos pulang, tapi gue nungguin dia turun dengan tujuan meminta foto berdua seperti tahun kemarin. Mungkin ada sekitar 5 foto yang menjadi abadi dengan bantuan salah satu temen kita.

(note: muka kita sengaja gue tutupin. selain untuk menjaga privasi, muka gue juga gak lulus sensor)

Berfoto selesai, lalu dia dan satu temannya izin untuk pulang duluan. Gue meng-iya-kan sambil terus memandangi punggungnya yang perlahan menghilang. Disitu gue berharap bisa mengucapkan “terima kasih” sekalipun dia bertanya “untuk apa?” gue pasti akan menjawab “untuk segalanya” karena mungkin ini menjadi momen terakhir dimana gue gak tau lagi gimana caranya gue harus bertemu dia selepas kita lulus. Dan mungkin benar, ini adalah foto terakhir kita berdua dalam satu frame. Sekalipun ada kesempatan beberapa waktu lalu, gue enggan memanfaatkan momen tersebut. Saat itu mungkin hati gue berkata “udah, lo samperin dia, lo ajak foto, terus ajak dia ngobrol” Namun di saat yang bersamaan mata gue ngeliat dia lagi asik foto berdua sama cowok lain, akrab sekali. Mungkin mata memang benar, tapi hati tidak selamanya salah. Dan ada kalanya kita harus lebih percaya kepada mata kita ketimbang hati kita.

No comments:

Post a Comment