Thursday 20 October 2016

CLARA (Part 2)






“Ditt!”

“Ditto!”

“WOY!”

Kata Seno memanggil sambil melambaikan tangannya di depan wajahku

“Hah? Kenapa kenapa? Ada apaan?”

Kataku setengah panik. Rupanya sedari Bu Ratna menjelaskan tentang bagaimana kegiatan perkantoran berjalan, aku melamun. Kata Seno aku sudah melamun selama 30 menit.

“Mikirin apaan sih lu?”

Kata Seno, bertanya sekaligus memastikan kalo aku nggak kesambet penghuni kelas

“Kestabilan negara lagi terancam , Men!”

“Ah berak sekebon!”

Aku cuma tertawa kecil

“Ntar gue ceritain”

Kataku sambil mengeluarkan pulpen dan buku catatan pribadiku. Aku menyebutnya Black Book, karena sampul buku itu berwarna hitam dan terbuat dari bahan karet. Aku menggunakan buku itu untuk menulis apa saja, tapi lebih sering aku gunakan untuk menulis puisi. Teman-temanku nggak ada yang tau kalo aku hobi menulis puisi. Aku sengaja sih, makanya tiap kali mereka nanya aku nulis apa di Black Book, aku bilang aja lagi nulis kurs mata uang asing.

"Apa yang barusan aku lihat?
Apakah itu sebuah perjalanan?
Mungkin jalan masuk, bisa jadi jalan keluar.
Siapa peduli! Aku ingin masuk bahkan tenggelam.

Apapun itu rasanya peduliku teramat.
Padanya yang hebat menarik tanpa tenaga.
Maka jika aku melompat kedalam tolonglah aku dengan cahaya dari dalam matamu.
Dan jika benar, akan kusimpan cahaya itu biar menyatu dengan rongga hatiku.

Bukankah ini indah.
Merasa tanpa meraba.
Apakah ini semu? Pastilah!
Karena cinta memang begitu.
Sebab rindu menjamu meramu menjadi satu.
Itulah namamu yang selalu dipikiranku."

Puisi pertamaku buat Clara. Agak norak sih memang. Tapi kan namanya juga orang yang lagi jatuh cinta. Lantas apa yang salah dari orang yang terlanjur sayang?

Aku sebenarnya lebih sering melamun daripada menulis puisi. Atau lebih tepatnya melamun sambil senyum-senyum sendiri. Aku belum pernah merasakan perasaan ini sebelumnya. Clara udah benar-benar mencuri perhatianku. Tapi aku sebel. Karena dia nggak minta izin. Entah ini euphoria atau kegeeran saja, tapi sepertinya dia akan memberikan warna pada hari-hariku.

Tidak lama berselang dari lamunanku yang sepertinya sudah terlalu jauh, bel istirahat kedua sudah berbunyi. Di sekolahku istirahatnya 2 kali, istirahat pertama jam 09.30 dan istirahat kedua jam 12.15 atau lebih sering disebut dengan Isoma atau Istirahat Sholat Makan. Lalu aku, Seno, Raska dan Lemy memutuskan untuk langsung ke masjid yang tepat berada di samping gedung sekolah kami. Aku udah janji sama Seno buat cerita kenapa aku ngelamun pada saat jam pelajaran. Dan di sela-sela perjalanan aku ceritain semuanya.

“Sen, gue tadi ngeliat cewek cantik banget di kelas!”

“Yang lo lamunin tadi dikelas itu? Siapa sih?”

“Namanya Clara, ya Lem?”

Lemy cuma mengangguk

“Oh, si Clara, Clara Hansasuteja ya?”

“Iya Sen. Kok lo tau sih?”

“Kan tadi pas diabsen gue denger juga bego!”

“Oh iya ya hahaha”

“Clara itu temen SMP gue Ditt”

“Masa sih? Jadi lo tau dong dia kayak gimana orangnya?”

“Yah kurang lebih sih gitu”

“Terus dia gimana orangnya? Ceritain dong?”

“Eh bentar deh, ini jadi lo suka ya sama dia?”

“Yah kurang lebih sih gitu hehehe”

“Hmm”

“Kenapa Sen?”

“Kok bau tai kucing ya?”

“Nggak ah. Mulut lo deket idung kali”

“Iya kali ya. Hmm. Okeoke gue ceritain”

Aku memasang telinga tajam-tajam, supaya bisa mendengarkan setiap kata yang diucapkan Seno

“Jadi Clara itu orangnya…..”

Sejurus kemudian

“HACCHHHIIIIMMMMM!!!”

Seno bersin sekencang-kencangnya

“Tuh kan bener. Bau tai kucing nih”

“Eh kampret jangan mengalihkan pembicaraan deh lu. Cepetan cerita”

“Iya sorisori. Gue pribadi sebenernya gak terlalu kenal sama Clara. Tapi gue kenal sama cowoknya dia pas SMP. Namanya Ferdinand. Tapi biasa gue panggil Pitak”

“Hmm terus terus?”

“Gue sama Pitak temenan dari kelas 1. Pitak juga gak ganteng-ganteng amat, cuma dia pinter ngomong aja. Pas kelas 2 kita pisah kelas, dan saat itu dia kenal sama Clara. Setelah beberapa minggu kenal, Pitak cerita kalo dia udah jadian sama Clara. Ini bukan ceritanya gue potong-potong ya, emang si Pitak cepet banget kalo urusan cewek, apalagi Clara kan cantik banget. Gue nggak tau deh si Pitak pake pelet apaan sampe si Clara mau sama dia, dan kabar terakhir yang gue tau sih mereka udah ngerayain anniversary di pecel lele samping pasar. Gue diundang juga waktu itu.”

Hatiku berdegup kencang saat denger Seno cerita tentang Clara dan Pitak. Maksudnya, ya aku kagum sekaligus iri aja gitu, aku selalu kagum kalo ada orang yang bisa pacaran ngelewatin 1 tahun. Keren banget bisa bohongin terus ngabisin duit orang tua nya buat biaya pacaran selama 1 tahun bahkan lebih. Terus aku juga iri mereka ngerayain anniversary di pecel lele samping pasar. Maksudnya, ya keren banget gitu, secara pecel lele sama es teh manis kan 30 ribu. Dan mereka ngundang temen-temennya termasuk si Seno. Kalo mereka ngundang 10 orang temannya berarti mereka ngeluarin duit minimal 300 ribu. Kasian orang tua mereka kerja banting tulang buat biaya sekolah, eh duitnya malah dipake buat party di pecel lele samping pasar.

Aku juga mau ah kalo nanti udah jadian sama Clara, aku mau ngerayain anniversary 1 tahun di Ayam Sabana. Emang lebih murah dari pecel lele sih, ayam pake nasi cuma 10 ribu, kalo aku ngundang 10 temen-temenku termasuk si Seno, aku cuma ngeluarin duit minimal 100 ribu. Nggak usah pake minum. Bawa sendiri-sendiri aja dari rumah.

Kita udah sampe di pelataran masjid. Sholat dzuhur udah dimulai

“Terus ada lagi gak Sen yang lo tau tentang Clara?”

Kataku, sambil menuju ke tempat wudhu

“Ada sih, ini info paling penting. Lo harus denger Ditt”

“Apaan tuh Sen? Ceritain lah”

“Ntar gue ceritain, mending kita sholat dulu, lo berdoa yang banyak deh, biar bisa denger kabar baik tentang Clara dari gue.”

Aku menuruti perkataan Seno, selesai sholat aku berdoa, doa ku nggak muluk-muluk, aku berdoa supaya aku punya kesempatan untuk lebih kenal sama Clara secara personal. Amin.

Kita semua sudah selesai sholat, bersiap menggunakan sepatu dan pergi ke kantin. Aku menagih Seno untuk melanjutkan ceritaya.

“Gimana Sen? Cerita lagi dong”

“Jadi gini Ditt, si Pitak itu orangnya posesif, Clara gak boleh temenan sama cowok kecuali dia, bahkan sama temen sekelasnya. Pitak juga sering nge-cek-in hapenya Clara dan suka langsung marah-marah bahkan cenderung mukul kalo di hapenya ada chat sama cowok lain, padahal yang chat itu bapaknya Clara.”

“Hmm iya iya terus?”

Kataku, serius

“Awalnya Clara nerima-nerima aja kalo Pitak posesif, karena katanya itu salah satu bentuk kasih sayangnya si Pitak. Tapi untung Clara cewek pinter, ya lama-lama pasti enek juga kan ya di posesifin gitu.”

“Hmm iya iya terus?”

“Bahkan kalo Clara kemana-mana Pitak pasti ikut, sekalipun dia gak bisa ikut, pasti selalu minta kirimin foto. Banci banget. Menurut gue cowok yang terlalu posesif itu jijik banget. Seharusnya kalo kita sayang sama seseorang kita kasih dia kepercayaan, toh kalo seandainya dia masih bohong kan itu tandanya dia gak bisa dipercaya. Gak pantes buat dipacarin. Ini malah aneh, sama pacar sendiri nggak ada percaya-percayanya. Kecuali kalo Clara emang tukang bohong. Ini kan enggak. Untung deh tuh si Clara cewek pinter. Dia nggak mau terus-terusan di kekang kayak binatang. Udah duitnya diabisin, orangnya di posesifin. Gue curiga Pitak bukan takut kehilangan si Clara, tapi takut kehilangan duitnya.”

“Buset parah amat omongan lo. Istigfar Sen. Lo abis sholat juga”

“Hahahaha iya sorisori. Emosi gue abisnya”

“Tapi emang banci banget tuh si Pitak!”

“Kampret kenapa lo juga ikut-ikutan emosi!”

“Hahahaha elu sih. Gue jadi ikut-ikutan kan tuh”

“Tapi gue percaya lu nggak kayak begitu Ditt orangnya. Cemburu itu boleh, tapi sekedarnya aja, jangan berlebihan”

“Iya Sen. Tapi mereka udah putus kan?”

“Udahlah. Denger-denger sih gara-gara Pitak punya cewek baru, tampangnya sih biasa aja, sama Clara mah beda jauh, Cuma cewek barunya lebih kaya. Ternyata bener si Pitak cuma ngincer duitnya Clara doang”

“Oh gitu. Parah juga ya. Tapi syukur deh, gue jadi makin penasaran sama Clara”

“Penasaran sama duitnya maksud lo?”

“Wahahaha ya nggaklah!”

Sekelibat kemudian, tidak ada angin tidak ada hujan, tiba-tiba Clara lewat di depan kami bersama satu orang temannya. Jantungku berdetak kencang tidak berhenti. Aku takut Clara mendengarkan perbincanganku dengan Seno. Aku harap sih tidak. Tapi sepertinya doa ku saat sholat tadi terkabul. Aku ingin mengenal Clara secara personal. Aku pikir ini saatnya. Seno, Raska dan Lemy juga sudah memberikan tanda lirikan mata yang berarti menyuruhku untuk menghampiri Clara dan berbicara sepatah dua patah kata. Ah tapi kalo cuma sekedar menyapa sepertinya kurang berkesan. Aku mau mengajak Clara ke kantin bareng.

Sebelum aku menghampiri Clara, Seno berbisik kepadaku

“Kaki gue keinjek kampret!”

Atau bisa aku artikan,

“Giliran lu, Men!”

Berbekal bisikan dari Seno yang sangat membakar semangat. Aku pun melangkahkan kaki menuju tempat Clara dan satu orang temannya. Langkahku mantap. Aku lihat mereka sedang mengobrol, tapi aku tidak bisa mendengar suaranya, terlalu pelan, ternyata aku lagi pake headset. Akhirnya aku melepas headset dan memberikannya kepada Seno. Jantungku serasa mau keluar, perutku mendadak sakit, dan kakiku tiba-tiba melemas, rasanya mau pingsan. Tapi jangan dulu deh, malu ada Clara masa tau-tau pingsan. Aku baru ingat, ternyata aku belum makan. Ah sudahlah, sekalian aja, kan mau ke kantin bareng Clara.

Ini dia saat yang aku tunggu-tunggu,

Degdeg!

Degdeg!

Degdeg!

Mulutku sulit terbuka, pandanganku mulai kabur. Ah aku harus bertahan.

“Hai Clara”

Clara melihat kearahku, matanya tajam, sama seperti saat dia melihatku di kelas

Dengan sedikit senyum dia membalas

“Hai……….. Siapa ya?”

Aku mau terjun dari lantai 3

“Oh belum kenal gue ya, kenalin gue Ditto”

Kataku sambil menjulurkan tanganku, berharap Clara menyambut dan aku bisa colongan megang tangannya dia. Hehehehe.

Tapi Clara cuma merapatkan tangannya lalu diletakkan di depan hidungnya

“Maaf masih punya wudhu”

Kata Clara. Ah rupanya selera humornya tinggi juga. Aku mau mati aja rasanya

“Ada apa ya Ditt?”

Ini dia

Saatnya

Ayo ngomong Ditto!

Ngomong!

“Ini jadi…..”

“Jadi apa?”

“Jadi……….”

“Jadi apa Ditto? Lo bikin gue jadi takut deh sekarang”

Benar-benar mau pingsan rasanya. Aku melihat kebelakang sebentar. Ternyata Seno, Raska dan Lemy lagi ngetawain aku geli sekali. Sial! Teman macam apa kalian!

“claramaugakabisinikekantinbarengaku?”

“Hah?”

“CLARAMAUGAKABISINIKEKANTINBARENGAKU?”

“HAH? NGOMONG APAAN SIH LU?”

Rupanya aku berbicara terlalu cepat. Aku grogi berat. IQ ku menurun derastis. Dan mendadak jadi bego di depan Clara.

“Mau ngomong apa Ditto? Gak jelas deh! Najis lu!”

Lalu Clara pergi dengan cepat. Seperti takut kalo kelamaan nunggu bisa-bisa mulutku keluar busa.

Dan

Aku gagal

Bangsat.





-Bersambung-

No comments:

Post a Comment